PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWATERHADAP PRESTASI BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK DWIJA BHAKTI JOMBANG

Ramadhan Prasetya Wibawa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menentukan apakah ada keterampilan
mengajar pengaruh yang signifikan guru dengan prestasi belajar siswa kelas XI KKPI SMK
Dwija Bhakti Jombang. (2) menentukan apakah ada pengaruh siswa yang signifikan
belajar disiplin untuk prestasi belajar KKPI siswa kelas XI SMK Dwija Bhakti Jombang.
(3) menentukan apakah ada keterampilan mengajar pengaruh signifikan guru dan siswa
disiplin belajar bersama tentang prestasi belajar KKPI siswa kelas XI SMK Dwija Bhakti
Jombang akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan
metode deskriptif asosiatif (korelasi). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI sekolah
SMK Dwija Bhakti Jombang sebanyak 26 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah bahwa semua penduduk teknik sensus sampel karena populasi kecil.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier
berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada keterampilan
mengajar pengaruh guru yang signifikan terhadap prestasi pada mata pelatihan kelas KKPI
XI siswa SMK Dwija Bhakti Jombang belajar. Hal ini ditunjukkan dengan harga rhitung>
rtabel atau 0,524> 0,388 dengan tingkat signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh yang
signifikan belajar disiplin prestasi belajar pada mata pelatihan kelas KKPI XI siswa SMK
DwijaBhakti Jombangmahasiswa.Hal ini dapat ditunjukkan oleh rhitung harga> rtabel atau
0,475> 0,388 pada tingkat signifikansi 5%. (3) Ada keterampilan mengajar pengaruh guru
dan siswa disiplin belajar bersama terhadap prestasi belajar pada mata pelatihan kelas KKPI
XI siswa SMK Dwija Bhakti Jombang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung> F
tabel atau 7,461> 3,25 pada signifikansi 5% level. Other temuan dapat dilaporkan dalam
penelitian ini adalah: persamaan regresi y linear = 41,437 + 0,192 X1 + 0,331 X2 dapat
dijelaskan bahwa setiap peningkatan atau penurunan keterampilan mengajar guru (X1) unit
akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan prestasi belajar KKPI (Y) sebesar 0,192.
Demikian juga dengan kenaikan atau penurunan belajar siswa disiplin (X2) sebesar satu
satuan, maka akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan prestasi belajar KKPI di
0,331. Kontribusi relatif dari guru untuk mengajarkan keterampilan (X1) terhadap prestasi
belajar KKPI (Y) dari 56,79% dan kontribusi relatif belajar siswa disiplin (X2) dengan
prestasi belajar KKPI (Y) dari 43,21%. Untuk sumbangan efektif guru untuk mengajarkan
keterampilan (X1) terhadap prestasi belajar KKPI (Y) dari 22,35% dan sumbangan efektif
belajar siswa disiplin (X2) dengan prestasi belajarKKPI (Y) dari 17,00%.

Keywords


KeterampilanMengajarGuru; SiswaBelajarDisiplin; PrestasiBelajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 773 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v2i2.629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats