Dampak Intellectual Intelligence (IQ) dengan Kebiasaan pada Prestasi Belajar Siswa

Shendy Andrie Wijaya , Yusita Titi Hapsari

Abstract


Penelitian dilakukan bertujuan mendapatkan hasil dari dampak Intellectual Intelligence (IQ) dengan kebiasaan pada prestasi belajar, siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Kartini Jember. Dalam pengambilan sampel sebanyak 35 siswa, melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data dibantu dengan penyebaran kuesioner yang diberikan pada responden. Sedangkan untuk membuktikan hipotesa penelitian, digunakan uji t dan uji F. Hasil analisis regresi linear berganda, terdapat dampak yang signifikan secara parsial antara Intellectual Intelligence (IQ) dengan kebiasaan pada prestasi belajar, siswa kelas XI Pemasaran 1 di SMK Kartini Jember, hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung (2,373) > ttabel (1,684) untuk variabel kecerdasan intelektual (IQ) dan thitung (2,130) > ttabel

(1,684) pada variabel kebiasaan belajar. Pada pengujian secara simultan diperoleh hasil Fhitung (10,498) > Ftabel (3,30) dengan taraf sig. 0,000, sehingga kesimpulan hasil penelitian terdapat dampak antara Intellectual Intelligence (IQ) dengan kebiasaan pada prestasi belajar siswa.


Keywords


Intellectual Intelligence (IQ), Kebiasaan, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Andartari. (2011). Pengaruh Kemampuan Intelektual (IQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pada SMA LABSCHOOL Rawamangun, Jurnal, Fakultas Ekonomi, UNJ Rawamangun.

Cholil dan Sugeng Kurniawan. (2011).

Psikologi Pendidikan Telaah Teoritik dan Praktik, Surabaya: IAIN Sunan

Ampel Press.

C h u s n a , U s w a t u l . ( 2 0 1 3 ) . P e n g a r u h K e c e r d a s a n E m o s i o n a l D a n Kecerdasan Intelektual Terhadap Prestasi Matematia Siswa Kelas VII MTsN Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2012/2013, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri (2002). Psikologi

Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta,

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan

Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Satya Nugraha, Aditya. (2013). Pengaruh

Antara Motivasi, Kecerdasan, Dan

Kebiasaan Belajar Matematika Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Semester 2 Kelas VIII B SMP Negeri 2 Ngadirojo, Naskah Publikasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pen- didikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tati'ah, Infirul. (2010). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2

Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran

/2010, Skripsi, Program Studi T a d r i s M a t e m a t i k a , J u r u s a n Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20

Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan N a s i o n a l ( S I S D I K N A S ) . 2 0 0 3 . Bandung: Citra Umbara.


Article Metrics

Abstract has been read : 90 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

      
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
View EQUILIBRIUM Stats