Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan

Dewi Tryanasari, Septi Aprilia, Winda Ayu Cahya

Abstract


Literasi adalah kunci untuk membuka pengetahuan dan wawasan siswa. Kemampuan literasi yang baik pada siswa akan memungkinkan siswa mengembangkan diri secara maksimal sehingga tercapai sesuatu yang baik pula. Sayangnya kemampuan literasi siswa di Indonesia jika dilihat dari berbagai data penelitian masih jauh dari harapan. Untuk mencapai kemampuan literasi yang baik, pembelajaran literasi merupakan hal pokok yang harus terlaksana dengan baik terutama di tingkat dasar. Untuk itu perlu penelitian mendalam tentang pembelajaran literasi di SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran literasi di SD. Subjek penelitian dipilih di SDN Rejosari 1 Kecamamatan Kawedanan sebab SD yang bersangkutan merupakan SD inti di Kecamatan Kawedanan dan merupakan SD percontohan namun belum pernah ada penelitian yang meneliti tentang pembelajaran literasi di SD tersebut. Bertitik tolak dari tujuan penelitian di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran literasi di SDN Rejosari belum berjalan dengan maksimal jika dilihat dari aspek perencanaan, proses, dan evaluasinya. Kendala utama pembelajaran literasi terletak pada faktor pemahaman guru terhadap pembelajaran literasi itu sendiri serta faktor kebijakan sekolah yang belum membentuk tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Keywords


Pembelajaran Literasi; GLS

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Gafur,A.2007. Bahan Diklat Profesi Guru Sertifikasi Guru Rayon IIDIY Jateng. BukuB2.4. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Yogyakarta: LPMP.

Griffin, P., dan Nix, P. 1991. Educational Assessment and Reporting.Sydney: HarcoutBraceJavanovichPublisher.

Hamalik,O.2001.Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: BumiAksara.

Hamalik,O.2005.KurikulumdanPembelajaran.Jakarta:Bumi Aksara. Hidayat,S.2013.PengembanganKurikulum Baru.Bandung:Rosda.

Kirkpatrick,D.L.1998. Evaluating Training Programs: The Four Levels. San Francisco:Berrett-KoehlerPublisher,Inc.

Madaus,G.F.,Scriven,M.S.,danStuffebeam,D.L.1993. Evaluation Models, Viewpoints on Educational andHuman Services Evaluation.Boston: Kluwer-NijhoffPublishing.

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran MengembangkanStandar KompetensiGuru. Bandung:Rosda.

Mardapi, D. 2000. Evaluasi Pendidikan. Makalah disajikan dalam Konvensi Pendidikan Nasional, Universitas Negeri Jakarta,

Moleong, L.J.2012.MetodologiPenelitian Kualitatif.Bandung: Rosdakarya

Oliva, P.F.2009. DevelopingtheCurriculum.New York: Pearson Education,Inc.

Oriondo,L.L.,danAntonio,E.M.D.1998.EvaluatingEducational Outcomes (Test, Measurment, and Evaluation). Florentino St: RexPrintingCompany.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang PerubahanAtasPeraturanPemerintahNomor19Tahun2005tentang StandarNasionalPendidikan(Online). (http://kemdikbud.go.id,diakses 12 September2013).

Peraturan MenteriPendidikanPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia Nomor 67Tahun 2013tentangKerangkaDasardan StrukturKurikulum SekolahDasar/MadrasahIbtidaiyah(Online). (http://kemdikbud.go.id,diakses12 September2013).

Sa‟ud, S.2008.Inovasi Pendidikan.Bandung:Alfabeta.

Soetopo,H.2007.EvaluasiProgramSupervisiPendidikan.DalamImron, A., Burhanuddin, dan Maisyaroh (Eds.), Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan,danPenerapanPembinaanProfesional(hlm. 136-149). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Stark, J. S., dan Thomas, A. 1994. Assessment and Program Evaluation. NeedhamHeights:Simon&SchusterCustom Publishing.

Sudjana, N., dan Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: SinarBaruAlgesindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional.2006. Bandung: FokusMedia.

Purwanto,Wachid Eko. (2007). “Menghidupi Tradisi Literasi:Problematika bagi Siswa, Guru, Sekolah,dan Negara”,dalam www.titikkoma.com/esai(diakses padatanggal 3 April 2016


Article Metrics

Abstract has been read : 3040 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats