Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiat

Elok Putri Nimasari

Abstract


Ketidakjujuran dalam bidang akademik seperti plagiat, banyak terjadi di lingkungan akademisi. Menjiplak hasil tulisan dan ide tanpa mencantumkan referensi kerap ditemukan dalam banyak kasus, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga pada tugas-tugas perkuliahan. Seiring dengan berkembangnya teknologi melalui telepon pintar dan juga jaringan internet yang semakin mudah untuk mengakses informasi, membuat plagiat di lingkungan akademisi juga semakin meningkat. Dengan atau tanpa sadar mahasiswa menjiplak sebuah karya atau ide pemikiran, adalah tanggung jawab sebuah institusi perguruan tinggi untuk memperkenalkan pada mahasiswanya apa itu plagiat, jenis-jenis plagiat, akibat dari perilaku plagiat, bagaimana cara-cara untuk menghindari plagiat dan bagaimana penerapan sangsi untuk yang melakukan plagiat secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan perilaku mahasiswa terhadap plagiat, mengidentifikasi tipe-tipe plagiat, dan menganalisis solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi perilaku plagiat.Pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan analisis dokumen di aplikasikan dalam studi ini.Obyek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sampel populasi menggunakan purposive random sampling.

 


Keywords


plagiat; perilaku; persepsi; perguruan tinggi; mahasiswa; kabupaten ponorogo

Full Text:

PDF

References


(KBBI), K.B.B.I., 2016. Plagiat. 2016. Available at: http://kbbi.web.id/plagiat [Accessed May 29, 2016].

Anderson, I., 2009. Avoiding plagiarism in academic writing. Nursing standard : official newspaper of the Royal College of Nursing, 23(18), pp.35–37.

Anney, V.N. & Mosha, M.A., 2015. Student’s Plagiarisms in Higher Learning Institutions in the Era of Improved Internet Access: Case Study of Developing Countries. , 6(13), pp.203–217.

Anyanwu, R., 2004. Lessons on plagiarism: Issues for teachers and learners. International Education Journal, 4(4), pp.178–187.

Ariani, R.C., 2013. Opini Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Terhadap Plagiarisme. JURNAL SOSIAL DAN POLITIK.

Arista, R.F. & Listyani, R.H., 2015. PLAGIARISME DI KALANGAN MAHASISWA. e journal UNESA, 3(2).

Ary, D. et al., 2014. Introduction to Research in Education,

Bakhtiyari, K. et al., 2014. Ethical and unethical methods of plagiarism prevention in academic writing. International Education Studies, 7(7), pp.52–62.

Betts, L.R. et al., 2011. Encouraging Good Writing Practice in First-Year Psychology Students: An Intervention Using Turnitin. Psychology Teaching Review, 18(2), pp.74–81. Available at: http://eric.ed.gov/?id=EJ991412.

Bretag, T. & Mahmud, S., 2009. A Model for Determining Student Plagiarism: Electronic Detection and Academic Judgement. Journal of University Teaching and Learning Practice, 6(1), pp.49–60. Available at: http://gateway.library.qut.edu.au/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ867296&site=ehost-live.

Halupa, C.M., 2014. Exploring student self-plagiarism. International Journal of Higher Education, 3(1), pp.121–126.

Hidayati, R. dkk., 2009. PERILAKU PLAGIAT MAHASISWA (Studi Kasus Plagiasi Melalui Internet Dikalangan Mahasiswa Fisipol UNIB). UNIB Scholar Repository. Available at: http://repository.unib.ac.id/3968/.

Hussin, H. & Ismail, M., 2013. Plagiarism: More than Meets the Eye. Advances in Language and Literary Studies, 4(2), pp.148–151. Available at: http://www.journals.aiac.org.au/index.php/alls/article/view/194/188.

Jackson, P. a, 2006. Plagiarism Instruction Online: Assessing Undergraduate Students’ Ability to Avoid Plagiarism. College Research Libraries, 67, pp.418–428. Available at: http://www.ala.org/ala/acrl/acrlpubs/crljournal/backissues2006a/septembera/jackson06.pdf.

Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia, 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. , p.NOMOR 17 TAHUN 2010. Available at: http://www.scribd.com/doc/58091151/Permendiknas-17-Thn-2010-Tentang-Penanggulangan-Plagiat#download.

Köse, Ö. & Arikan, A., 2011. Reducing plagiarism by using online software : An experimental study. Contemporary Online Language Education Journal, 1, pp.122–129. Available at: http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/detail?accno=ED524097.

Law, L., Ting, S.-H. & Jerome, C., 2013. Cognitive Dissonance in Dealing with Plagiarism in Academic Writing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 97, pp.278–284. Available at: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042813036793.

Makhfiyana, I. & Mudzakkir, M., 2010. RASIONALITAS PLAGIARISME DI KALANGAN MAHASISWA. e journal UNESA, pp.1–5.

Marshall, T. et al., 2011. Plagiarism: a case study of quality improvement in a taught postgraduate programme. Medical teacher, 33(7), pp.e375 – e381. Available at: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21696271.

Park, C., 2003. In other (people’s) words: Plagiarism by university students - literature and lessons. Assessment and Evaluation in Higher Education, 28(5), pp.471 – 488.

Roig, M., 2012. Can undergraduate students determine whether text has been plagiarized. The Psychological Record, 47(1), pp.113–122. Available at: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=afh&AN=9702070782〈=pt-br&site=ehost-livenhttp://opensiuc.lib.siu.edu/tpr/vol47/iss1/7/.

Santoso, H., 2015. PENCEGAHAN DAN PENAGGULANGAN PLAGIARISME DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH DI LINGKUNGAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI Oleh : Drs. Hari Santoso, S.Sos. 1. Perpustakaan UM Malang, (1), pp.1–23.

Scanlon, P.M. & Neumann, D.R., 2002. Internet Plagiarism Among College Students. Journal of College Student Development, 70, p.12.

Sinaga, D.J., 2005. Fenomena Plagiat Dengan Memanfaatkan Situs Google Pada Mahasiswa FISIP USU “ (Studi Kasus pada Skripsi Mahasiswa Departemen Sosiologi). Universitas Sumatra Utara. Available at: https://www.researchgate.net/publication/47760204_Fenomena_Plagiat_Dengan_Memanfaatkan_Situs_Google_Pada_Mahasiswa_FISIP_USU_Studi_Kasus_pada_Skripsi_Mahasiswa_Departemen_Sosiologi.

Stevenson, M.D., 2010. Academic Writing and Plagiarism: A Linguistic Analysis. Australian Review of Applied Linguistics, 33(2), p.23.

Tempo.co, 2014. 8 Kasus Plagiat yang Menghebohkan Indonesia. Koran Tempo. Available at: https://m.tempo.co/read/news/2014/02/18/078555420/8-kasus-plagiat-yang-menghebohkan-indonesia/1.

Turnitin, 2015. WHITE PAPER The Plagiarism Spectrum - White Paper O plágio espectro. Turnitin, p.19. Available at: http://storage.pardot.com/45292/6694/Turnitin_WhitePaper_PlagiarismSpectrum.pdf.

Ummul Khair Ahmad, Kobra Mansourizadeh & Grace Koh Ming Ai, 2012. None Native University Students’ Perception of Plagiarism. Advances in Language and Literary Studies, 3(1), pp.39–48. Available at: http://www.journals.aiac.org.au/index.php/alls/article/view/42/39.

Underwood, J. & Szabo, A., 2003. Propensities in Cheating. British Journal of Educational Technology, 34(4), pp.467–478.

Williamson, K. & McGregor, J., 2011. Generating knowledge and avoiding plagiarism: Smart information use by high school students. School Library Media Research, 14(August). Available at: http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-83455224669&partnerID=tZOtx3y1.


Article Metrics

Abstract has been read : 423 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran indexed by:

 

Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats