MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI BRAIN GYM

Akhmad Sukri, Elly Purwanti

Abstract


Hasil belajar merupakan perubahan perilaku subyek didik yang mencakup bidang kognitif,
afektif, dan psikomotor setelah menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar dapat dijadikan sebagai
tolok ukur keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan senam otak atau Brain Gym. Senam otak adalah
serangkaian latihan gerak sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan
tuntutan sehari-hari yang bertujuan untuk menyatukan pikiran dan tubuh. Dengan gerakan-gerakan
Brain Gym dapat diambil potensi belajar yang terpendam di dalam tubuh melalui pengangktifan dan
memaksimalkan kedua fungsi belahan otak sehingga terintegrasi dan bekerja dengan baik. Penerapan
Brain Gym dalam pembelajaran di kelas dapat dilakukan pada saat sebelum pembelajaran berlangsung
atau tahapan pendahuluan, selama proses pembelajaran berlangsung atau tahapan kegiatan inti, dan
setelah pembelajaran diberikan atau tahapan penutup. Dengan Brain Gym diharapkan hasil belajar
siswa (kognitif, afektif, dan psikomotor) akan menjadi meningkat.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1541 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v1i1.778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats