PEMANFAATAN LKM DAN ANIMASI JAVA LABORATORY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATAKULIAH FISIKA KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FPMIPA IKIP PGRI MADIUN
Mislan Sasono
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pemanfaatan LKM dan animasi java laboratory pada matakuliah fisika kuantum dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran tersebut diimplikasikan oleh dosen model pada matakuliah fisika kuantum dan dengan terpenuhinya tujuan tersebut diharapkan aktivitas belajar mahasiswa meningkat dengan menggunakan media LKM dan animasi java laboratory sebagai media pembelajaran. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas. Pemanfaatan media LKM dan animasi java laboratory dilaksanakan tiga kali siklus pembelajaran yaitu siklus I, II, dan III. Dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa semester VI tahun akademik 2011/2012 pada semester genap. Untuk data pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi pengelolaan pembelajaran dosen dan aktivitas mahasiswa serta hasil belajar siswa selama pembelajaran dicatat sebagai data kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa: pemanfaatan LKM dan animasi java laboratory sebagai media pembelajaran fisika pada matakuliah fisika kuantum mampu meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dengan peningkatan respon aktivitas belajar mahasiswa dari siklus I, II, dan III adalah 78,42%, 79,18%, 95,83%.