PEMANFAATAN LKM DAN ANIMASI JAVA LABORATORY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATAKULIAH FISIKA KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FPMIPA IKIP PGRI MADIUN

Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pemanfaatan LKM dan animasi java laboratory pada
matakuliah fisika kuantum dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. Perangkat
pembelajaran tersebut diimplikasikan oleh dosen model pada matakuliah fisika kuantum dan dengan
terpenuhinya tujuan tersebut diharapkan aktivitas belajar mahasiswa meningkat dengan menggunakan
media LKM dan animasi java laboratory sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas. Pemanfaatan media LKM dan animasi
java laboratory dilaksanakan tiga kali siklus pembelajaran yaitu siklus I, II, dan III. Dengan subjek
penelitian yaitu mahasiswa semester VI tahun akademik 2011/2012 pada semester genap. Untuk data
pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi pengelolaan pembelajaran dosen dan aktivitas
mahasiswa serta hasil belajar siswa selama pembelajaran dicatat sebagai data kuantitatif dan dianalisis
secara deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa: pemanfaatan LKM dan
animasi java laboratory sebagai media pembelajaran fisika pada matakuliah fisika kuantum mampu
meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dengan peningkatan respon aktivitas belajar mahasiswa dari
siklus I, II, dan III adalah 78,42%, 79,18%, 95,83%.


Keywords


Media, LKM, Aktivitas Belajar Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 369 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v1i1.776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats