FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANAK USIA SD TAAT PADA PERATURAN SEKOLAH

Siti Muhayati, Melik Budiarti

Abstract


Teori awal yang dijadikan landasan penelitian ini adalah: Pola asuh orang tua, Iman pada kitab Allah, Taat.

Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.  Teknik pengambilan sampel secara snowball sampling dari populasi 150. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi. Analisa datanya  model Spradley

Hasil penelitian: 1. Faktor eksternalnya : a. Pola asuh dialogis b. Teman sebaya c. Lingkungan sekolah kondusif.. 2. Faktor internalnya:a. Iman pada kitabulloh, b.Baca Al Qur’an, c. Melaksanakan peraturan Al Qur’an dan Al Hadits.

 

Kata kunci: Faktor, Anak Usia Sekolah Dasar, Taat, Peraturan Sekolah

Full Text:

PDF

References


Abdur Rahman, Jamaal,2005, Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah, cetakan l, Bandung: Irsyad baitus Salam.

Agustian, Ary Ginanjar, 2006, Emosional Spiritual Quatient, cetakan 27, Jakarta: Arga.

Ahmad, Al Hasyim,1993, Syarah Mukhtarul Ahaadits, cetakan l, Bandung: Sinar Baru.

Ali Had, Al Haq, 1986, Mengasuh Anak menurut Ajaran Islam, Jakarta: UNICEF Indonesia

Bahrul, Khair Amal, Pendidikan Anak Usia Dini, http://www.waspada.co.id/serba serbi/pendidikan artikel. Php artikel id 6 7766

Crow, Lester D, Allice Crow, Z. Ksijan, Psikologi Pendidikan, Buku l, Cetakan l, Surabaya: Bina Ilmu

Jalaludin, 1977, Psikologi Agama, Cetakan ll, Jakarta: Raja Grafindo persada

Jacinta, F. Rini, 2002, Konsep Diri, http://www.e-psikologi.com/jenewa/160502 htm

John, Gotman, Joan De Claire, 2003, Kiat-Kiat Membesarkan Anak Yang Memiliki Kecerdasan Emosional, Alih Bahasa Hermaya, Cetakan 6, Jakarta PT Gramedia.

Jusuf, Amir Faisal, 1995, Reoreintasi Pendidikan Islam, Cetakan l, Surabaya: Bina Ilmu

Malawi, Ibadullah, 2007, Statistik Lanjut, Madiun: F.I.P.IKIP PGRI.

Malik B Badri, 1986, Dilema Psikologi Muslim, terjemahan SitiZainla Hurfiati, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Mar’at, Sikap Manusia, Perubahan Dan Pengukurannya, Jakarta: Ghali Indonesia.

Marfuah Panji Astuti, 4Tipe Pola Asuh Orang Tua, hhtp://www.tabloit.nakita.com/hasanah 06279-02htm

Muh.Nazir, Metode Penelitian, Cetakan l, Jakarta: Galia Indonesia.

Moh. Shohib, 1998, Pola Asuh Orang Tua Dalam membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Cetakan l, Jakarta: Reinika Cipta.

Petranto, Ira, Rasa Percaya Diri Anakadalah Pantulan Pola Asuh Orang Tuanya, http://dwpp.jenewa., Swisse.com/buletin/?,Cetakan 5

Sudjono, Nana, Ibrahim, 2001, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Cetakan ll, Bandung: Sinar Baru Al Gesnida.

Saifuddin Azwar, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Cetakan l, Yogyakarta: Liberty

Suhardi, Metodologi Penelitian dan Prakteknya, Cetakan l, Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsini Arikunto,1993, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Cetakan l, Jakarta: Bumi Aksara.

Tafsir, Ahmad, 1999, Metodologi Pengajaran Agama Islam, cetakan lV, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ummu Dini, 2004, Tarbiyatul Aulad, hhtp://www pks. Anz.org/modulus,php?namil= news file=artick sid=

Daryanto, 1998, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, cetakan l, Surabaya: Apollo.

Departeman Agama Republik Indonesia, 1998, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Juz l-Juz 30, Surabaya: Mahkota.

Departemen Pendidikan dan kebudayaan, 1995, Kamus BesarBahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Hasbullah, 1999, Dasar-Dasar Pendidikan, Cetakan l, Jakarta:Raja Grafinda Persada

Hurlock, Elizabet B, 1980, Psikologi Perkembangan Anak, Suatu Pendekatan Sepanjang rentang kehidupan,ES.D, Alih Bahasa, istidayanti, Sudjarwo, jakarta: Erlanga.

Siti Suhartini Haditomo, 2004, Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sugiyono, 2013, Metode Peneitian Kombinasi(Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 1660 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.