Akulturasi Budaya Mahasiswa Dalam Pergaulan Sosial Di Kampus (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Madiun)

Yosef Antonius Thaumaet, Soebijantoro soebijantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Akulturasi Budaya serta untuk menganalisis proses akulturasi budaya mahasiswa dalam pergaulan sosial dan kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses akulturasi budaya dalam pergaulan sosial di kampus Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prosedur-prosedur berikut yaitu 1) tahap membangun kerangka konseptual, 2) tahap merumuskan permasalah penelitian, 3) tahapan pemilihan subyek penelitian, 4) tahapan pengembangan instrumen penelitian, 5) tahapan pengumpulan data, 6) tahapan analisa data dan 7) tahapan menarik kesimpulan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cara yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Analisis data ini berfungsi sebagai teknik dalam membuat kesimpulan-kesimpulan yang tepat dan dapat dipertanggung jawabkan. Akulturasi budaya adalah proses bertemunya beberapa kebudayaan di kampus, menyebabkan mereka memiliki hubungan pertemanan yang baik. Permasalahan yang dihadapai mampu mereka selesaikan dengan cara yang bijak. Hal ini karena kedua belah pihak memiliki kesadaran yang besar dalam saling memahami perbedaan. Pada dasarnya mereka berasal dari latar belakang yang sama, Jadi bentuk akulturasi yang terjadi di Program Studi pendidikan Sejarah Universitas PGRI Madiun seperti pergaulan sosial dan bahasa. Namun mereka tetap mampu mempertahankan budaya mereka tanpa menghilangkan dan menggantikan dengan hal baru. Mereka tetap bangga dengan budaya yang dibawa dari daerah asal tempat tinggal.

Keywords


Akulturasi; Budaya; Pergaulan; Sosial

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 715 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v9i1.3641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats