Makna simbolik ritual tiwah suku dayak ngaju sebagai sumber belajar sejarah lokal di Kalimantan Tengah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baddak, K. V, Yustha, Y., & Manya. (2019). STUDI PEMANFAATAN HUMA BETANG TUMBANG ANOI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI KALIMANTAN TENGAH. Anterior Jurnal, 19(1), 56–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/anterior.v18i2.456
Clifford, G. J. (1984). Buch und Lesen: Historical Perspectives on Literacy and Schooling. Review of Educational Research, 54(4), 472–500. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/1170171
Hartati, E. (2018). Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Peristiwa-Peristiwa Lokal Di Kalimantan Tengah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 9(1), 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jikt.v9i1.5.
Harususilo, Y. E. (2018). Ki Hadjar Dewantara dan “Guncangan” Pendidikan Era Industri 4.0. Kompas.Com, 1–3. https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/02/15561621/ki-hadjar-dewantara-dan-guncangan-pendidikan-era-industri-40
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu dalam ide dan pembelajaran. Rizqi Press.
Irwanto, D. (2012). KENDALA DAN ALTERNATIF PENGGUNAAN TRADISI LISAN DALAM PENULISAN SEJARAH LOKAL DI SUMATERA SELATAN. Jurnal Forum Sosial, 5(2), 123–126. https://repository.unsri.ac.id/24854/1/03-Dedi_Irwanto-edit-%28123-126%29.pdf
Keesing, R. M., & Soekadijo, R. G. (2001). Antropologi budaya : suatu perspektif kontemporer (2nd ed.). Erlangga.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi : Edisi Revisi. Rineka Cipta.
Lan, T. J., & Manan, M. A. (2011). Nasionalisme dan ketahanan budaya di Indonesia : sebuah tantangan. LIPI Press dan Yayasan Obor Indonesia.
Lase, D. (2019). EDUCATION AND INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0. Jurnal Handayani, 10(1), 48–62. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jh.v10i1.14138
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Narwoko, J. D., & Suyanto, B. (2015). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Prenada Media Group.
Qodariah, L., & Armiyati, L. (2013). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Adat Kampung Naga Sebagai Alternatif Sumber Belajar. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5338
Rahman, A., Kurniawati, & Winarsih, M. (2021). Penerapan Literasi Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh di SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 57–76. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPS.101.04
Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2021). Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85–94. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.27035
Umachandran, K., Jurčić, I., Corte, V., & Ferdinand-James, D. (2018). Industry 4.0: The New Industrial Revolution. https://www.researchgate.net/publication/324899590_Industry_40_The_New_Industrial_Revolution
Warto. (2017). TANTANGAN PENULISAN SEJARAH LOKAL. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(1), 123–129. http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/1517/812.
Wiyanarti, E., Supriatna, N., & Winarti, M. (2020). PENGEMBANGAN SEJARAH LOKAL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH YANG KONTEKSTUAL. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.21666
Article Metrics
Abstract has been read : 1263 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v13i1.14959
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by:
Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.