Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Sejarah Madiun Berbasis Kemandirian Belajar Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Mata Kuliah Sejarah Madiun. Bahan ajar selama ini masih berupa diktat dan sumber-sumber lain yang bukan diarahkan untuk tujuan pembelajaran. Diktat Mata Kuliah Sejarah Madiun perlu dikembangkan menjadi buku ajar sehingga mendukung kemandirian belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan atau sering disebut dengan research and development (R & D). Penelitian dilakukan dalam dua tahap. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Prosedur atau langkah-langkah penelitian dan pengembangan merujuk pada siklus R & D dari Borg dan Gall. Indikator capaian dari penelitian ini adalah dihasilkannya naskah buku ajar Sejarah Madiun yang siap terbit. Penelitian ini diharapkan memberi kontribusi pada perkembangan historiografi Madiun dan pembelajarannya terutama di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI MADIUN. Berdasarkan pengumpulan informasi dan identifikasi masalah terkait dengan bahan ajar Mata Kuliah Sejarah Madiun di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI MADIUN. Data dikumpulkan dari dosen pengampu mata kuliah Sejarah Madiun. Beberapa masalah yang teridentifikasi adalah minimnya sumber, masalah pembabakan yang kurang komperehensif, dan kurangnya data kekinian. Masalah-masalah tersebut selanjutnya menjadi acuan untuk mengembangkan bahan ajar Mata Kuliah Sejarah Madiun. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, maka dibuat draf awal bahan ajar Mata Kuliah Sejarah Madiun yang disusun berdasarkan temuan masalah-masalah di lapangan. Setelah melalui uji ahli, uji skala kecil dan skala besar, maka dihasilkan produk akhir bahan ajar Mata Kuliah Sejarah Madiun yang siap dipublikasikan dan diimplementasikan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 1061 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v3i02.1465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by:
Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.