Implementasi model PjBL dengan pemanfaatan biografi (autobiografi) tokoh sejarah dalam kelas pergerakan kebangsaan Indonesia

Yelda Syafrina, Ridho Bayu Yefterson, Uun Lionar, E Erniwati, Khairul Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan potensi biografi atau autobiografi tokoh lokal dalam mata kuliah sejarah Indonesia Baru III, dan menganalisis kemampuan mahasiswa sejarah dalam pendalaman materi organisasi pergerakan kebangsaan 1908-1935 dengan pendekatan tokoh. Penelitian ini bersifat naturalistik inkuiri dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi terhadap aktivitas belajar, wawancara tentang pengalaman belajar, dokumen aktivitas dan tugas-tugas terstuktur yang dikerjakan mahasiswa selama 10 kali pertemuan. Data diperoleh dari mahasiwa yang mengambil mata kuliah sejarah Indonesia baru III di departemen sejarah Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pengalaman membaca dan mengolah informasi sejarah dari sumber berupa biografi dan autobiografi, kemudian mereka dapat menjelaskan dengan baik latar belakang serta kiprah organisasi pergerakan dari sudut pandang tokoh yang menjadi kekuatan serta ruh dari organisi seperti sarekat islam, perhimpunan Indonesia, PNI, PNI baru dan muhammadiyah. Sehingga model PjBL membuat proses pembelajaran dalam kelas pergerakan kebangsaan Indonesia lebih terencana, terkontrol dan berbasis luaran, yakni naskah tulisan yang layak dipublikasikan menjadi langkah baru dalam upaya peningkatan jumlah publikasi mahasiswa.

Keywords


PJBL; tokoh; sejarah; pergerakan

Full Text:

PDF

References


Asmahasanah, S., Rahmani, F. M., Journal, A., & Elementary, O. (2019). Salati Asmahasanah, Fajar Maulidi Rahmani Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 3 (2), Desember 2019. 3(2).

Babis, D. (2020). Between biography and autobiography: exploring the official history in organizations. Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal, 15(2), 160–175. https://doi.org/10.1108/QROM-09-2018-1686

Barron, B. J. S., Schwartz, D. L., Vye, N. J., Moore, A., Zech, L., Bransford, J. D., Barron, B. J. S., Schwartz, D. L., Vye, N. J., Moore, A., Petrosino, A., Zech, L., Bransford, J. D., With, D., Lessons, U., Schwartz, D. L., Vye, N. J., Moore, A., Petrosino, A., … Bransford, J. D. (2011). Doing With Understanding : Lessons From Research on Problem- and Project-Based Learning Doing With Understanding : Lessons From Research on Problem- and Project-Based Learning. 8406. https://doi.org/10.1080/10508406.1998.9672056

Clark, A. P. (2019). Oral history as institutional biography. Public Historian, 41(3), 72–90. https://doi.org/10.1525/tph.2019.41.3.72

Condliffe, B., Quint, J., Visher, M. G., Bangser, M. R., Drohojowska, S., Saco, L., & Nelson, E. (2017). Project-based Learning: a Literature Review. Mdrc : Building Knowledge to Improve Social Policy, P-12 Education, 2. https://www.mdrc.org/publication/project-based-learning

Foundation, T. G. L. E. (20005). Instructional Module Project Based Learning.

Global SchoolNet. (2000). Introduction to Networked Project-Based Learning. http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm

Hidayati, N., Wahyuni, A., & Purnomo, B. (2021). Jendral Hoegeng Imam Santoso: Kapolri Jujur, Disiplin Dan Sederhana Sebagai Teladan Generasi Muda. SWADESI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 25. https://doi.org/10.26418/swadesi.v2i1.45819

Kemdikbud. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Krajcik, Joseph S. and Blumenfeld, P. C. (2005). Project-Based Learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317–334). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511816833.020

Kumalasari, D. (2009). Media pembelajaran sejarah indonesia masa pergerakan nasional jurusan: pendidikan sejarah.

Larmer, J., & Mergendoller, J. H. (2010). Seven essentials for project-based learning. Educational Leadership, 68(1), 34–37.

Leirissa. (1985). Segi Segi Praktis Penulisan Biografi Tokoh. HISTORIA (Jurnal Mahasiswa Sejarah Fakultas Sastra UI Jakarta.

Mann, K., & MacLeod, A. (2015). Constructivism: Learning theories and approaches to research. Researching Medical Education, 51–65. https://doi.org/10.1002/9781118838983.ch6

Manolas, E., Hockey, J., & Littledyke, M. (n.d.). A Natural History of an Environmentalist: Identifying Influences on Pro-sustainability Behavior Through Biography and Autoethnography.

Museum, T., & Israel, J. (1991). Constructivist Learning Theory. October, 15–22.

Muslim, Warto, & Djono. (2020). Historical learning of national movement material in secondary schools to foster the values of tolerance and patriotism. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3453763

Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–6. https://osf.io/xyhve/Nasional, U. (2020). C. d. 0.0075 300. 300.

Nata, A. (2021). Kyai And Character Education. Psychology and Education Journal, 58(1), 5365–5389. https://doi.org/https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1795

Nuraini, N., & Waluyo*, E. (2021). Pengembangan Desain Instruksional Model Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 101–111. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.20145

Rahim, T. W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Sejarah Dan Persepsi Siswa Terhadap Ketokohan Jenderal Soedirman Pada Sikap Bela Negara Di Sma N 1 Rembang Purbalingga. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 154–162.

Santosa, B., & Supriatna, E. (2008). Buku Ajar Sejarah Pergerakan Nasional. 30. http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._SEJARAH/196303111989011-AYI_BUDI_SANTOSA/BUKU_AJAR_SPNI.pdf

Sari, A. A., & Wibowo, A. M. (2022). Implementasi nilai-nilai kejuangan raden ajeng kartini di SMPN 3 Madiun. 12(2), 195–204. https://doi.org/10.25273/ajsp.v12i2.13300

Stadter, P. (2007). Biography and History 2 The Categories of Ancient Biography. 503–514.

Suryana, N. (2017). Learning Local And National History To Develop Heroic Values. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 13(1), 119. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/historia.v13i1.7704

Sutadji, I. (2001). Metode Biografi. In Teori dan Paradigma Penelitian Sosial (pp. 169–177).

Syafrina, Y. (2015). Minangkabau dalam Kemoderenan: Kehidupan Sehari-hari di Sumatera Barat 1900-1940-an. Universitas Gadjah Mada.

Tulasi, D. (2010). Merunut Pemahaman Taksonomi Bloom: Suatu Kontemplasi Filosofis. Humaniora, 1(2), 359. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2878

Une, D. (2010). Perkembangan Nasionalisme di Indonesia Dalam Perspektif Sejarah. Jurnal Inovasi, 7(1), 176–187. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/787

Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Smp Negeri 7 Kota Tangerang. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1), 320–327. https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262

Watt, P. (2019). Ernest Newman and the Promise of Method in Biography, Criticism, and History. British Musical Criticism and Intellectual Thought, 1850-1950, 13(1885), 84–101. https://doi.org/10.2307/j.ctvc16kt3.10

Wibowo, W. S. (2014). … Based Learning (PJBL) dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun 4Cs Skills Peserta Didik sebagai Bekal dalam Menghadapi Tantangan Abad 21 dalam. … IPA V Tahun 2014 (Scientific Learning Dalam Konten …, July. https://www.researchgate.net/profile/Widodo-Wibowo/publication/342750890_Implementasi_Model_Project-Based_Learning_Pjbl_Dalam_Pembelajaran_Sains_Untuk_Membangun_4cs_Skills_Peserta_Didik_Sebagai_Bekal_Dalam_Menghadapi_Tantangan_Abad_21/links/5f04b65292851c

Yefterson, R. B., Naldi, H., Erniwati, Lionar, U., & Syafrina, Y. (2020). The Relevance of Local Historical Events in Building National Identities: Identification in the History Learning Curriculum in Indonesia. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 23(1), 500–504. http://ijpsat.es/index.php/ijpsat/article/view/2281

Zago, G. (2016). La biografia nella storiografia e nella storiografia dell’educazione. Linee evolutive di un rapporto complesso. Espacio, Tiempo y Educación, 3(1), 203–234. https://doi.org/10.14516/ete.2016.003.001.11


Article Metrics

Abstract has been read : 623 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v13i1.14273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats