Persepsi remaja Tionghoa terhadap pembelajaran bahasa dialek Teochew

Main Article Content

Lily Thamrin
S Suhardi
Tjen Veronica
L Lusi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pandangan remaja tionghoa terhadap pembelajaran Bahasa dialek Teochew. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menggunakan instrumen berupa kuisioner. Hasil analisis kuisioner menunjukkan bahwa sikap dan presepsi anak remaja tionghoa Teochew terhadap pembelajaran bahasa dialek Teochew cenderung positif baik pada komponen pengetahuan (kognitif) maupun emosional (afektif). Dalam hal ini bahasa dialek Teochew masih dianggap penting untuk dilestarikan dan diminati untuk dipelajari oleh anak remaja tionghoa di Pontianak. Mereka merasa bangga menguasai bahasa dialek Teochew karena bahasa dialek Teochew dapat melambangkan identitas dirinya sebagai suku tionghoa yang berbahasa Teochew. Dari komponen konatif dapat di simpulkan bahwa sikap remaja tionghoa terhadap pembelajaran bahasa dialek Teochew positif, mereka lancar dalam berbahasa dialek Teochew, dan tidak akan mengurangi penggunaan bahasa dialek Teochew.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

An, T. H., & Lai, T. T. (2021). Sikap Dan Persepsi Pelajar Terhadap Pembelajaran Bahasa Mandarin Sebagai Bahasa Asing Di Universiti Teknikal. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 450-460.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Atmojo, W. T., & Kusumaningtyas, R. (2017). Persepsi Mahasiswa Surakarta Terhadap Dialek Jawa Surabaya (Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pada Mahasiswa Surakarta Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta) Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/52963

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media.

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: perkenalan awal. Penerbit PT Rineka Cipta.

Ghozi, M. (2021). Dialek Arab. Tamaddun, 1(2), 113-125. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tamaddun1/article/download/3153/2332/

Kusuma, I., & Adnyani, L. (2016). Motivasi dan Sikap Bahasa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 12-26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8290

Muslihah, N. N. (2015). Menumbuhkan Sikap Positif terhadap Bahasa Indonesia melalui Pemahaman Makna Sumpah Pemuda. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa

Nasution, V. A., Ayuningtias, N., & Erwani, I. (2019). Pemilihan Bahasa pada Remaja Etnis Tionghoa di Medan: Kajian Sosiolinguistik. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA),

Setiyadi, D. (2016). Peranan sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa: sebuah kajian teoretis dan penerapannya (temuan linguistik untuk pengajaran bahasa). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(02). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/53

Soebroto, S. (2007). Temuan Linguistik untuk Pengajaran Bahasa. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Suastra, I. M. (2009). Bahasa Bali Sebagai Simbol Identitas Manusia Bali Udayana University].

Toha, M. (2017). Isolek-Isolek di Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh: Kajian Dialektologi. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1), 58-69. https://core.ac.uk/download/pdf/230548051.pdf