Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Kreatif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.9548Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran carousel feedback , 2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran carousel feedback terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan 3) mengetahui peningkatan sikap kreatif secara deskriptif dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran umpan balik korsel . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. penelitian ini menggunakan kuantitatif bersifat eksperimen dengan desain one group pretest – posttest design .Populasi dalam penelitian di seluruh siswa kelas IV di MTs Ash – Shiddiqiyyah Kaliwadas tahun ajaran 2020/2021 membuka 124 siswa. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling dan sampel yang dipilih adalah kelas VII B MTs Ash – Shiddiqiyyah Kaliwadas tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran carousel feedback memiliki nilai rata-rata sebesar 82,33% dengan kategori baik, 2) pengaruh penerapan model pembelajaran carousel feedbackdalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa 0,740 atau 74% dan sisanya sebesar 26% dipengaruhi oleh faktor lain, 3) sikap kreatif siswa dalam menerapkan model pembelajaran carousel feedback dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan empati mengalami peningkatan, hasil akhir yang diperoleh dari nilai rasa ingin tahu sebesar 7,5, bersifat imajinatif 3,5, merasa tertantang oleh kemajemukan 7,5, berani mengambil resiko 10 ,16, dan sikap mengahargai 4.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
09/08/2022
Issue
Section
Articles
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â