Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika selama pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII materi segitiga dan segiempat. Tes yang dikerjakan siswa diberi skor dan dilakukan analisis terhadap kesalahan jawaban. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII yang melakukan pembelajaran secara daring sebanyak 9 orang peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 2 orang peserta didik berada pada kategori sangat baik, 5 orang peserta didik berada pada kategori baik, dan 2 orang peserta didik berada pada kategori cukup. Sehingga, dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII tergolong sedang atau baik dengan presentase 55.56%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Augustine, S. H., & Hartono, Y. (2020). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii Smp. 2(2), 1–13.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di smp negeri 1tukka. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 70–77.
ISNAINI, D. (2020). Kesulitan Siswa Kelas Vii Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di Smp Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020. E-Repository.Perpus.Iainsalatiga.Ac …. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9689/1/DYAH ISNAINI 23070160082-NASKAH JADI.pdf
Karunia, E. P. (2016). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII berdasarkan gaya belajar dalam model knisley.
Monalisa, M., Harman, H., & Yarmayani, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bilangan Bulat Kelas Vii Smpn 19 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33087/phi.v3i1.61
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & Santoso, P. B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar | EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386
Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PEMBELAJARAN DARING. WILANGAN, 1(3), 245–256. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Zevika, M., Yarman, & Yerizon. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 45–50. https://drive.google.com/file/d/0B-k3cSUkM3IyMmxzblBmVm1hYmc/view
Article Metrics
Abstract has been read : 1566 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)