Analisis Kebutuhan Video pada Pembelajaran Matematika Mahasiswa Calon Guru di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9238Keywords:
Video pembelajaran, Kuantitatif deskriptif, Mahasiswa calon guru, Matematika, Covid-19Abstract
Penelitian mengenai analisis kebutuhan video pada pembelajaran matematika mahasiswa calon guru ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa dalam penggunaan media video pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah 80 mahasiswa calon guru matematika di salah satu Universitas Negeri yang berada di Jawa Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan wawancara. Pada penelitian ini mengacu pada empat indikator yaitu alat indera, rangsangan jelas, perhatian yang tertuju, dan waktu cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada mahasiswa yang masuk kategori sangat butuh media video pembelajaran, semua mahasiswa dengan kategori butuh, dan satu mahasiswa dengan kategori tidak butuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru membutuhkan media video untuk pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19.
Â
Downloads
References
Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72
Alamsyah, R., Toenlioe, A. J. E., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229–236.
Ammy, P. M., & Wahyuni, S. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5(1), 27–35.
Arcat. (2020). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Komputer 1 Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester II TP. 2019/2020 Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 250–256. https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.496
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Bayu, I. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Di Kelas V Sdn Karangayu 02 Semarang.
Hudoyo, H. (2003). Herman Hudoyo,. In Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) (Issue 09).
Lubis, E. R. (2018). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Aljabar. Journal of RESIDU, 2(10), 9–10.
Makplus, O. (2015). Definisi atau Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli. http://www.definisi-pengertian.com/2015/10/definisi-pengertian-media-pembelajaran-ahli.html
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Mufarokah, A. (2015). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Shalat Fardlu Pada Siswa Kelas II.
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nugraha, S. A., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar. Journal Inovasi Pendidikan, 3(1).
Prasetyo, H. A. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komputer Pada Kelas IV A SDN Bendan Ngisor.
Purbayanti, H. S., & Oktaviani, D. N. (2020). Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Matematika Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 3–6.
Putri, G. S. (2020). WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global
Siagian, M. D. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67.
Sigit, S., Wahyudi, & Budi, S. (2009). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Dalam Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd. Jurnal FKIP UNS.
Suningsih, A., Sulistiani, & Suminto. (2020). Pembelajaran Daring dengan Intervensi Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal E-DuMath, 7(1), 27–34.
Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Advent Tikala. CogITo Smart Journal, 6(1), 73–82.
Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. https://ci.nii.ac.jp/naid/40021243259/
Widyastuti, C. (2017). Tanggapan Siswa Kelas VII Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 2 Pleret. In eprints.uny.ac.id (Vol. 4).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â