Pengaruh Penerapan Model Problem-Based-Learning Berbantuan Computer-Based-Test Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika

Authors

  • Putu Priwitasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Putu Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sariyasa Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9217

Keywords:

problem-based-learning, computer-based-test, kemampuan pemecahan masalah, kemandirian belajar

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 2 Kuta ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan problem-based-learning (PBL) berbantuan computer-based-test (CBT) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian ekperimen semu ini menggunakan disain post-test only control group design pada populasi siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Kuta yang tersebar ke dalam 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 392 orang. Selanjutnya, metode cluster random sampling digunakan untuk menetapkan kelas X MIA 3 dan kelas X MIA 5 sebagai sampel penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Data penelitian ini berupa data pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa masing-masing dikumpulkan dengan tes essai dan kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan uji Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menujukkan bahwa nilai F dari uji wilks lambda sebesar 11,488 dengan nilai signifikasi 0,000. Jika nilai signifikansi 0,000 dibandingkan dengan alpha 0,05 maka nilai tersebut jauh lebih kecil dan dapat diputuskan untuk menolak H0. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran PBL berbantuan CBT berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kuta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akayuure, P., Asiedu-Addo, & Alebna, V. (2016). Investigating the Effect of Origami Instruction on Preservice Teachers’ Spatial Ability and Geometric Knowledge for Teaching. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 4(3), 198. https://doi.org/10.18404/ijemst.78424

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Buku Dua. (Pen erjemah: Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mul yantini Soetjipto). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Ashcraft, A. S. (1998). Ways To Evaluate the Assumption of Multivariate Normality.

Burdenski Jr, T. K. (2000). Evaluating Univariate, Bivariate, and Multivariate Normality Using Graphical Procedures.

Candiasa, I. M. (2010). Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Universitas Pendidikan Ganesha.

Caruth, G. D. (2014). A Multivariate Analysis (MANOVA) of Where Adult Learners Are In Higher Education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 1(1).

Demitra, & Sarjoko. (2018). Effects of Handep Cooperative Learning Based on Indigenous Knowledge on Mathematical Problem Solving Skill. International Journal of Instruction, 11(2), 103–114. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1128a

Ertekin, E., & Kele, A. (2017). Predicting Eight Grade Students’ Equation Solving

Performances via Concepts of Variable and Equality. Journal of Education and Practice, 7.

Flores, M. M., Thornton, J., Franklin, T. M., Hinton, V. M., & Strozier, S. (2014). Elementary General and Special Education Teachers’ Mathematics Skills and Efficacy. Journal of Research in Education, 24(1), 69–82.

Horton, P. M., Bonny, L., Nicol, A. U., Kendrick, K. M., & Feng, J. F. (2005). Applications of multi-variate analysis of variance (MANOVA) to multi-electrode array electrophysiology data. Journal of Neuroscience Methods, 146(1), 22–41. https://doi.org/10.1016/j.jneumeth.2005.01.008

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. 10.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kualitataif, Kuantitatif, dan R&D. Alfa Betta.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles