Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Polya
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8818Keywords:
Koneksi Matematis, Pemecahan Masalah, Bangun Ruang Sisi DatarAbstract
Koneksi matematis menjadi dasar utama  siswa dalam memecahkan masalah antar konsep matematika maupun konsep lainnya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi siswa  memecahkan masalah bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian di SMPN 1 Madiun kepada 31 siswa kelas IXG. Pengambilan subjek berdasarkan purposive sampling dipilih satu subjek pada setiap kategori siswa berkemampuan koneksi matematis tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes koneksi dan pedoman wawancara. Terdapat tiga soal tes koneksi yaitu soal koneksi matematika dengan konsep bangun ruang sisi datar, koneksi bangun ruang dengan ilmu lain, dan koneksi matematika bangun ruang dengan kehidupan sehari-hari. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan hasil wawancara yang instrumennya divalidasi oleh tim ahli dengan kriteria valid. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Setelah data terkumpul dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tes koneksi menunjukkan, siswa berkemampuan koneksi tinggi dapat memecahkan masalah pada semua aspek indikator koneksi. Siswa berkemampuan koneksi sedang dapat memecahkan masalah sampai tahap melaksanakan rencana. Namun, pada langkah memeriksa kembali kurang teliti dan kurang tepat dalam membuat kesimpulan. Siswa berkemampuan koneksi rendah belum mampu memenuhi indikator koneksi antar konsep matematika dan melakukan koneksi dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Altay, M. K., Yalvaç, B., & Yeltekin, E. (2017). 8th Grade Student’s Skill of Connecting Mathematics to Real Life. Journal of Education and Training Studies, 5(10), 158. https://doi.org/10.11114/jets.v5i10.2614
Bariyyah, K., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas IX SMP Di Kota Cimahi. 12.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed). Pearson.
Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran CORE dan NHT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection Of Elementary School Students To Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–80. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80
Latif, S. (2017). Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities of Students at SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 207. https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2899
Maryanasari, R., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Model- Elicitng Activities. 01(02), 7.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. (1992) Qualitative Data Analysis : A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
National Council of Teachers of Mathematics (Ed.). (2000). Principles and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Novitasari, D. (2016). FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. 2, 11.
Nurudini, N, Susiswo, dan Sisworo (2019).Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Tidak Lengkap dalam Diskusi Kelompok. 10.
Pólya, G., & Conway, J. H. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Expanded Princeton Science Library ed). Princeton University Press.
Putri, E. R., Budiyono, B., & Indriati, D. (2020). POGIL model on mathematical connection ability viewed from self-regulated learning. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(2), 394. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20321
Rahmawati, U. N. (2015). Kesulitan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Di Sekolah Menengah Atas. 14.
Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan Sma Dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. 20.
Siregar, N. D., & Surya, E. (2017). Analysis of Students’ Junior High School Mathematical Connection Ability. International Journal of Sciences, 33(2), 13.
Yulian, F. Y., Santia, I., & Nurfahrudianto, A. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis pada pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 65–73.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â