PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII BERBASIS KEHIDUPAN MASYARAKAT JAWARA (JAWA DAN MADURA) DI KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.841Keywords:
Mathematics Learning, Javanese culture, Maduries CultureAbstract
Downloads
References
Darhim. (2004. Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.Disertasi UPI: Tidak diterbitkan
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Dep-diknas.
Herdian. (2010). Pengaruh Metode Discovery terhadap Kemampuam Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa SMP. Tesis UPI: Tidak diterbitkan
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pe-ngembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Kusmaryono, Imam. 2012. Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Edutainment Berbasis Budaya Lokal di Daerah. Disajikan Seminar Ke-mendikbud Dikti 25-27 September 2012 “Designing Quality Learning Landscape in Indonesiaâ€.
Ma, X. (1997). “Assessing The Relationship Between Attitude Toward Mathematics and Achievement in Mathematics: A Meta-Analysisâ€. Journal for Research in Mathematics Education, 28 (1), 26-47.
Prasetya, J; dkk. 2004. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Powell, A. B & Frankenstein, M. Ethno-mathematics: Challenging Euro-centrism in Mathematics Education. United States of America: Diane Ganeles.
Rosa, M. & Orey, D. C. 2011. Ethno-mathematics: The Culture Aspek of Mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatematica, 4(2): 32-54.
Ruseffendi, H. E. T. (1986). A Comparison of Participation in Mathematics of Male and Female Students in the Transition From Junior to Senior High School in West Java-Indonesia. Disertasi. Ohio: The Ohio State University.
__________ .(1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sugiono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Soelaeman, M. 2010. Ilmu Budaya Dasar. Bandung: Refika Aditama.
Tandililing, Edy. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di Sekolah, Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema â€Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indo-nesia yang Lebih Baik" pada tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendi-dikan Matematika FMIPA UNY, P-25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â