EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TAHUN AJARAN 2014 / 2015
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.840Keywords:
Adversty Quotient (AQ), Teams Games Tournament (TGT), Ular Tangga, Question CardAbstract
Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui apakah model pembelajara TGT dengan media Ular Tangga lebih efektif daripada dengan media Question Card terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Adversity Quotient siswa tipe climbers, campers dan quitters terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran TGT berbantuan media Ular Tangga dan media Question Card dengan Adversity Quotient siswa tipe climbers, campers dan quitters terhadap hasil belajar matematika siswa SMA.Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan kelas eksperimen 1 diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan Ular Tangga dan kelas eksperimen 2 berbantuan Question Card. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk data Adversity Quotient dan tes untuk data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji scheffe. Hasil penelitian dengan α=5% menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran TGT menggunakan media Ular Tangga sama efektifnya dengan model pembelajaran TGT menggunakan media Question Card terhadap hasil belajar matematika siswa (Fobs = 2,4932 < Fα = 4,0304). 2) Adversity Quotient  memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa (Fobs = 3,7166 > Fα = 3,1788). Hasil belajar siswa yang memiliki Adversity Quotient tipe climbers tidak jauh berbeda dengan tipe campers, hasil belajar siswa yang memiliki Adversity Quotient tipe climbers lebih baik daripada tipe quitters, dan hasil belajar sswa yang memiliki Adversity Quotient tipe campers tidak jauh berbeda dengan tipe quitters 3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan media Ular Tangga dan media Question Card dengan Adversity Quotient terhadap hasil  belajar siswa (Fobs = 1,0669 < Fα = 3,1788).Downloads
References
Arifin, Z. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Christano, R. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas X di SMA Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2012/2013, (Online), (http://eprints.uny.ac.id, Di unduh 06 Maret 2015).
Aulia, A. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survei pada Kelas XI IPS se-Kota Bandung) Tahun Ajaran 2013/2014), (Online), (http://repository.upi.edu, Diunduh 06 Maret 2015).
Febrina, A. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tpe TGT Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Jurnal INPAFI, (Online), Vol. 1, No. 2, (http://jurnal.unimed.ac.id, Diunduh 06 Maret 2015).
Prasetyaningrum, D. 2013. Studi Komparasi Metode Pembelajaran teams Games Tournament (TGT) disertai Media Kartu Soal dan Roda Impian terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas SMA NEGERI 7 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2012/2013, (online), (http://eprints.uns.ac, Diunduh 27 Februari 2015).
Pratiwi, A. (2012). Pengaruh Permainan dan Motivasi Anak Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 18(2):106 – 121.
Sam, M. 2013. Efektivitas Media Ular Tangga pada Pembelajaran Kimia Berbasis Kooperatif Tipe TGT terhadap Sikap Komunkatif dan Kerja Sama serta Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. (Online), (htt[://digilib.unimed.ac.id, Diunduh 27 Februar 2015).
Sudarman. 2012. Adversity Quotient: Kajian Kemungkinan Pengintegrasinya dalam Pembelajaran Matematika. Aksiomma, (Online), Vol. 1, No. 1, (http://Jurnal.untad.ac.id, Diunduh 24 Februari).
Sundayana, R. 2014. Media dan Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, T. dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â