PROFIL PENALARAN SISWA KELAS X SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.837Keywords:
Penalaran, Menyelesaikan Masalah, Persamaan Kuadrat, Kemampuan AwalAbstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh mulai dari tingkat dasar hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika adalah terletak pada penalaran dalam menyelesaikan masalah bentuk soal cerita termasuk didalamnya pada materi persamaan kuadrat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil penalaran siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes tulis dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Siswa dengan kategori kemampuan awal tinggi memiliki kecenderungan menggunakan unsur-unsur penalaran induktif dan deduktif dengan baik. Siswa dapat memecahkan masalah persamaan kuadrat dalam bentuk soal cerita dengan baik sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian masalah. (2) Siswa dengan kategori kemampuan awal sedang memiliki kecenderungan menggunakan unsur-unsur penalaran induktif dan deduktif dengan cukup baik. Siswa dapat memecahkan masalah persamaan kuadrat dengan baik tetapi kurang mampu dalam menentukan cara lain untuk mencari jawaban. (3) Siswa dengan kategori kemampuan awal rendah memiliki kecenderungan menggunakan unsur-unsur penalaran induktif dan deduktif dengan kurang baik. Siswa kurang mampu dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat sesuai langkah-langkah pemecahan masalah dan tidak mampu dalam menentukan cara lain untuk mencari jawaban.Downloads
References
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Harun, Lukman. (2010). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri Kabupaten Sukoharjo. (Online), (http://eprints.uns.ac.id/4569/1/170562511201011541.pdf, Diunduh 21 Juni 2015).
Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : PT Gramedia.
King, Laura A. 2012. Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.
Marlina, Leni. 2013. Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (Online), Volume 01, Nomor 01, (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/1708/1125, Diunduh 27 Februari 2015).
Murtafiah, Wasilatul. 2009. Profil Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Kontekstual Matematika di SMP Negeri 1 Madiun Jurnal Pendidikan MIPA (Volume 1, Nomor 2). Madiun: IKIP PGRI MADIUN.
Permana, Yanto dan Sumarmo, Utaru. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah . Jurnal Educationist (Online), Volume 01, Nomor 02, (http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol_I_No._2-Juli2007/6_Yanto_Permana_Layout2rev.pdf, Diunduh 11 Maret 2015).
Purwandari, Huriawati Farida, dan Andista. 2012. Efektifitas Inquiry Terbimbing dan Inquiry Bebas Termodifikasi Melalui Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal, Kreatifitas, Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kota Madiun Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan (Volume 18, Nomor 1). Madiun: IKIP PGRI MADIUN.
Uno, Hamzah R dan Umar, Masri Kudrat. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Usniati, Mia. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. (Online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1406/1/100747-MIA%20USNIATI-FITK.pdf, Diunduh 11 Maret 2015).
Winarni, Endang Setyo dan Harmini, Sri. 2011. Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â