IMPLEMENTASI PERMAINAN KADO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN PAGENTAN 01 SINGOSARI PADA POKOK BAHASAN PECAHAN

Authors

  • Iriyanto Iriyanto Sekolah Dasar Negeri Pagentan 01 Singosari
  • Ratna Kartika Irawati Sekolah Dasar Negeri Pagentan 01 Singosari

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.835

Keywords:

Permainan Kado, Pecahan, Hasil Belajar

Abstract

Salah satu pokok bahasan matematika yang dibelajarkan pada siswa sekolah dasar adalah pecahan. Konsep-konsep pecahan merupakan konsep yang abstrak dan deduktif. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal pecahan. Kesulitan siswa ini juga ditunjukkan dengan hasil ulangan pecahan yang belum mencapai KKM. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pengembangan media pembelajaran KADO (Kartu Domino). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan KADO melalui kerja kelompok dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan pokok bahasan pecahan pada siswa kelas VI A SDN Pagentan 01 Singosari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga fase yaitu perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI A SDN Pagentan 01 Singosari yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian berupa media pembelajaran KADO dan tes formatif pecahan. Teknik analisis data menggunakan hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran KADO dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darhim. 2001. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. (online) (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-ali-mustadi-mpd/karya-tulis-ilmiah.pdf diakses 20 September 2014)

De Walle. 2008. Sekolah Dasar dan Menengah Matematika: Pengembangan dan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.

Duski, Kumaidi, dan Suryanto. 2014. Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SD. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. 18(1): 44-56.

Hestuaji,Y., Suwarto, dan Riyadi. 2010. Pengaruh Media Kartu Domino Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. 3(4): 1-6.

Lentera. 2011. Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. (online) (http://www.tedcbandung.com/tedc2011/pdf/mjld0205.pdf diakses tanggal 20 September 2014)

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nugraheni, dkk.2010.Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Pecahan. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Payne.2003.Strategi Pembelajaran Matematika di SD dan Karakteristik Anak Didik. (online) (http://mudjiarahardjo.com/artikel/174-kemampuan-menulis-guru-lemah.html diakses tanggal 20 September 2014)

Rosyada.2010. Permainan Matematika Menggunakan Kartu Domino. (online)( http://www.tedcbandung.com/tedc2011/pdf/mjld0205.pdf diakses tanggal 20 September 2014)

Downloads

Published

08/01/2015

Issue

Section

Articles