IMPLEMENTASI PERMAINAN KADO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN PAGENTAN 01 SINGOSARI PADA POKOK BAHASAN PECAHAN

Iriyanto Iriyanto, Ratna Kartika Irawati

Abstract


Salah satu pokok bahasan matematika yang dibelajarkan pada siswa sekolah dasar adalah pecahan. Konsep-konsep pecahan merupakan konsep yang abstrak dan deduktif. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal pecahan. Kesulitan siswa ini juga ditunjukkan dengan hasil ulangan pecahan yang belum mencapai KKM. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pengembangan media pembelajaran KADO (Kartu Domino). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan KADO melalui kerja kelompok dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan pokok bahasan pecahan pada siswa kelas VI A SDN Pagentan 01 Singosari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga fase yaitu perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI A SDN Pagentan 01 Singosari yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian berupa media pembelajaran KADO dan tes formatif pecahan. Teknik analisis data menggunakan hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran KADO dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan.

Keywords


Permainan Kado; Pecahan; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Darhim. 2001. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. (online) (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-ali-mustadi-mpd/karya-tulis-ilmiah.pdf diakses 20 September 2014)

De Walle. 2008. Sekolah Dasar dan Menengah Matematika: Pengembangan dan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.

Duski, Kumaidi, dan Suryanto. 2014. Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SD. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. 18(1): 44-56.

Hestuaji,Y., Suwarto, dan Riyadi. 2010. Pengaruh Media Kartu Domino Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. 3(4): 1-6.

Lentera. 2011. Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. (online) (http://www.tedcbandung.com/tedc2011/pdf/mjld0205.pdf diakses tanggal 20 September 2014)

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nugraheni, dkk.2010.Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Pecahan. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Payne.2003.Strategi Pembelajaran Matematika di SD dan Karakteristik Anak Didik. (online) (http://mudjiarahardjo.com/artikel/174-kemampuan-menulis-guru-lemah.html diakses tanggal 20 September 2014)

Rosyada.2010. Permainan Matematika Menggunakan Kartu Domino. (online)( http://www.tedcbandung.com/tedc2011/pdf/mjld0205.pdf diakses tanggal 20 September 2014)


Article Metrics

Abstract has been read : 1042 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)