EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN ALAT PERAGA GEOBOARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs AL ISTIQOMAH

Authors

  • Ella Nikmatul Laili Pendidikan Matematika, FPMIPA, IKIP PGRI Madiun
  • Wasilatul Murtafiah Pendidikan Matematika, FPMIPA, IKIP PGRI Madiun
  • Reza Kusuma Setyansah Pendidikan Matematika, FPMIPA, IKIP PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.834

Keywords:

Alat Peraga Geoboard, Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang lebih efektif Numbered Heads Together (NHT) dengan alat peraga Geoboard atau model pembelajaran  konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh motivasi tinggi, sedang, dan rendah pada siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan alat peraga Geoboard dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi tinggi, sedang maupun rendah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Istiqomah tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampelnya dengan cluster random sampling dan sampelnya yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan alat peraga Geoboard, dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data untuk data prestasi belajar menggunakan metode tes dan data motivasi belajar siswa menggunakan metode angket. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan alat peraga Geoboard lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2) Motivasi belajar siswa tinggi, sedang, dan rendah pada siswa tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan alat peraga Geoboard dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi tinggi, sedang maupun rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hamid dan Anton Prayitno. 2012. Meningkatkan Kualitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII dalam Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Model NHT (Number Heads Together) di SMPN 5 Kepanjen Malang. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial dan Humaniora (Online), Volume 9, No. 2, (www.kopertis7.go.id/.../Humaniora_Vol_09_No_02_Des.2012.pdf, Diunduh 5 Maret 2015).

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Elisabeth Kantohe. 2013. Penggunaan Alat Peraga Papan Geometri dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Belah Ketupat dan Layang-Layang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (Online), Volume 1, No. 1, (jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/download/.../2169, Diunduh 5 Maret 2015).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Toyyib Syaichoni dan Sardulo Gembong. 2009. Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Instruction dan STAD terhadap prestasi belajar ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA (Online), Volume 1, No.1,(http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/sites/default/files/vol%201%20no%201_2.pdf, Diunduh 27 Juni2015).

Wahyu Astuti Budi dkk. 2013.Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD (Student Teams Achievement Divisions ) pada Materi Pokok Perbandingan dan Fungsi Trigonometri ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Se-Kota Madiun. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika (Online), Volume 1, No. 7, (http://jurnal.pasca.uns.ac.id, Diunduh 27 Juni 2015).

Downloads

Published

08/01/2015

Issue

Section

Articles