EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (CATATAN TERBIMBING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTs NEGERI KOTA MADIUN TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pembelajaran matematika dengan
menggunakan metode Think Pair Share (TPS) lebih efektif dibanding dengan metode Guided Note
Taking (Catatan terbimbing), (2) adakah perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang
diajar menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan yang menggunakan metode
pembelajaran Guided Note Taking (Catatan terbimbing). Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Negeri
Kota Madiun. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan kelas
yang dipilih adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan siswa
kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data
menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika dan dokumentasi
untuk data pendukung. Analisa data yang digunakan adalah uji keseimbangan dengan uji-t.
Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 2,864 dan nilai 1,645 tabel t Sehingga hitung tabel t t
maka H0 ditolak atau H1 diterima, artinya metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih
efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Guided Note Taking (Catatan Terbimbing).
Dapat dilihat pula dari nilai rata-rata kelas tes prestasi belajar. Kelas eksperimen memperoleh nilai
rata-rata 74,69 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 67,33. Ini berarti, prestasi
belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih
baik daripada yang diajar dengan menggunakan metode pembelejaran Guided Note Taking
(Catatan terbimbing).
menggunakan metode Think Pair Share (TPS) lebih efektif dibanding dengan metode Guided Note
Taking (Catatan terbimbing), (2) adakah perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang
diajar menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan yang menggunakan metode
pembelajaran Guided Note Taking (Catatan terbimbing). Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Negeri
Kota Madiun. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan kelas
yang dipilih adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan siswa
kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data
menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika dan dokumentasi
untuk data pendukung. Analisa data yang digunakan adalah uji keseimbangan dengan uji-t.
Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 2,864 dan nilai 1,645 tabel t Sehingga hitung tabel t t
maka H0 ditolak atau H1 diterima, artinya metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih
efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Guided Note Taking (Catatan Terbimbing).
Dapat dilihat pula dari nilai rata-rata kelas tes prestasi belajar. Kelas eksperimen memperoleh nilai
rata-rata 74,69 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 67,33. Ini berarti, prestasi
belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih
baik daripada yang diajar dengan menggunakan metode pembelejaran Guided Note Taking
(Catatan terbimbing).
Keywords
Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS); Metode Pembelajaran Guided Note taking (Catatan Terbimbing); Prestasi Belajar Matematika
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 745 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v3i1.504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)