PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI KETRAMPILAN MENYELESAIKAN MASALAH PADA PERKULIAHAN KALKULUS LANJUT

Risqi Tresnaningsih

Abstract


Mata kuliah kalkulus lanjut merupakan salah satu mata kuliah yang menitik beratkan pada kemampuan memecahkan masalah yang melibatkan banyak materi prasyarat. Peranan dari mata kuliah prasyarat sangat penting dan mendominasi terhadap hasil perhitungan. Mata kuliah kalkulus lanjut menuntut mahasiswa untuk selalu meningkatkan cara berfikir mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat berfikir lebih tinggi lagi dalam menyelesaikan persoalan kalkulus lanjut yang cukup kompleks. Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan metode pembelajaran aktif yang digunakan untuk masalah terstruktur yang merupakan tanggapan dari hasil pembelajaran. Pada model pengajaran ini, digunakan untuk menyelesaikan masalah mempunyai struktur yang kompleks yang tidak cukup bila dikerjakan dengan algoritma yang sederhana. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah suatu penyelidikan secara sistematis dan terencana untuk memperbaiki pembelajaran dengan jalan mengadakan perbaikan atau perubahan dan mempelajari akibat yang akan ditimbulkan. Untuk memperoleh data yang sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (action), tahap pengamatan (observation) dan tahap refleksi (reflection). Dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah hasil observasi setiap indikator pada siklus I masih mempunyai nilai rendah. Kenaikan nilai mahasiswa mengindikasikan bahwa terdapat peningkatan aktifitas intelektual mahasiswa, yaitu pada tahap berdiskusi. Pada kegiatan berdiskusi, mahasiswa dapat memberikan masukan, ide, saran dan gagasan-gagasan yang menurut mereka benar, meskipun belum diketahui kebenaranya tersebut, akan tetapi dengan melalui tahapan pada sintaksis model pembelajaran tersebut, mahasiswa mempunyai ide, gagasan yang akan meningkatkan kemampuan berfikir tingginya. Pada siklus ke dua ini, mahasiswa telah dapat menunjukkan peningkatannya dalam berfikir, sehingga apabila diterapkan model pembelajaran berbasis masalah ini secara kontinu, maka akan diindikasi dengan  peningkatan berfikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kalkulus lanjut.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah; Berfikir Tingkat Tinggi; Kalkulus Lanjut

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 802 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v1i1.462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)