Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2180Keywords:
pengajuan masalah, berpikir kreatif, genderAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir kreatif mahasiswa dalam pengajuan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Subjek penelitian ini adalah 2 mahasiswa laki-laki dan 2 mahasiswa perempuan dari Prodi. TI – STMIK Akakom Yogyakarta. Subjek dipilih dengan cara purposive sampling dari mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan Matematika Diskrit. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan instrument bantu menggunakan tugas pengajuan masalah (TPM) dan pedoman wawancara. Uji kredibilitas data penelitian menggunakan triangulasi waktu. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu: Pada tahap persiapan, inkubasi dan iluminasi, subjek laki-laki cenderung memiliki proses berpikir kreatif lebih baik dibandingkan dengan perempuan. Pada tahap persiapan, subjek laki-laki membutuhkan waktu yang relative lebih singkat dalam memahami informasi dan perintah TPM. Pada tahap inkubasi, subjek laki-laki berpikir untuk menggali materi yang relevan dengan TPM tanpa membuat coretan di kertas buram dan membutuhkan waktu yang relative lebih singkat. Akan tetapi, subjek laki-laki menemukan lebih sedikit materi yang relevan dengan TPM dibandingkan dengan subjek perempuan. Pada tahap iluminasi, subjek laki-laki lebih mantap dalam mengaplikasikan ide yang ditemukannya ke dalam bentuk soal dan memiliki perencanaan yang lebih terstruktur. Sedangkan pada tahap verifikasi, subjek laki-laki dan perempuan memiliki karakteristik masing-masing yang tidak dapat dibandingkan.
Downloads
References
Amir, Z. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah, XII(1), 14-31. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/marwah/article/view/511/491
Frastica, Z. R. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pendekatan Open-Ended pada Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Gender. Skripsi, tidak dipublikasikan. UIN Sunan Kalijaga. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/7714/
Hasanah, N., Mardiyana, & Sutrima. (2013). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, I(4), 422-434. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3516
Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 1-10). Yogyakarta: FMIPA UNY. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=fpDzvzsAAAAJ&citation_for_view=fpDzvzsAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Irfan, M., Kusmayadi, T. A., & Iswahyudi, G. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Math Anxiety dan Gender. Jurnal Elektronika Pembelajaran Matematika, 1-11. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/309793255_PROSES_BERPIKIR_SISWA_DALAM_PEMECAHAN_MASALAH_SISTEM_PERSAMAAN_LINIER_DUA_VARIABEL_DITINJAU_DARI_MATH_ANXIETY_DAN_GENDER
Komarudin, Sujadi, I., & Kusmayadi, T. A. (2014). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, II(1), 29-43. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3631
Kontorovich, I., Koichu, B., Leikin, R., & Berman, A. (2012). An Exploratory Framework for Handling the Complexity of Mathematical Problem Posing in Small Groups. Journal of Mathematical Behavior, XXXI(1), 149-161. Retrieved from https://schoolar.google.com/citations?=LsrAW4oAAAAJ&hl=ru
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia, II(1), 71-83. Retrieved from http://journal.umsida.ac.id/files/DamaV2.1.pdf
Silver, E. A., Mamona-Downs, J., Leung, S. S., & Kenney, P. A. (1996). Posing Mathematical Problems: An Exploratory Study. Journal for Research in Mathematics Education, XXVII(3), 293-309. Retrieved from http://www2.nsysu.edu.tw/leung/download/journal/A5.pdf
Siswono, T. Y. (2004). Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing). Konferensi Nasional Matematika XII (pp. 74-87). Denpasar: Universitas Udayana. Retrieved from https://schoolar.google.com/citations?=iolq8cQAAAAJ
Siswono, T. Y. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, XV(1), 60-68. Retrieved from https://schoolar.google.com/citations?=iolq8cQAAAAJ
Siswono, T. Y., & Kurniawati, Y. (2004). Penerapan Model Wallas untuk Mengidentifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah Matematika dengan Informasi Berupa Gambar. J. Nas.“MATEMATIKA, Jurnal Matematika atau Pembelajarannya, 1-20. Retrieved from https://schoolar.google.com/citations?=iolq8cQAAAAJ
Subarinah, S. (2013). Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematik Ditinjau dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 542-548). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Retrieved from https://schoolar.google.com/citations?=cYEFu-gAAAAJ&hl=id
Sukayasa. (2014). Karakteristik Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, III(1), 81-90. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7981
Sukowiyono, Kusmayadi, T. A., & Sujadi, I. (2013). Proses Berpikir Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pokok Bangun Datar Berdasarkan Perspektif Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, I(4), 327-335. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3507
Supardi. (2012). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, II(3), 248-262. Retrieved March from http://portal.kopertis3.or.id/bitstream/123456789/1598/1/9.%2520Supardi%2520248-262.pdf
Usodo, B. (2012). Karakteristik Intuisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, I(1), 1-14. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/1268
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â