Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Winda Dwi Cahyani, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Nora Surmilasari

Abstract


Materi Bangun Datar merupakan salah satu materi yang membutuhkan media pendukung dengan visualisasi yang tepat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook matematika materi bangun datar kelas 4 sekolah dasar yang valid, praktis, dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran flipbook matematika materi bangun datar yang telah dikembangkan. Berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru di kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 195 Palembang, minimnya pemahaman peserta didik dalam materi bangun datar karena hanya terfokus dengan buku saja dan kurangnya pemanfaatan teknologi pada pendidik saat pembelajaran berlangsung. Sehingga membutuhkan media pembelajaran pada saat pembelajaran berlangsung untuk membantu peserta didik agar lebih aktif, termotivasi saat belajar, dan tidak mudah merasa bosan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D. Terdapat empat tahap pada model 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Berdasarkan hasil validasi pakar (expert review) rata-rata sebesar 86,18% dengan kriteria "sangat valid". Berdasarkan hasil uji skala kecil dan uji skala besar memperoleh rata-rata sebesar 92,54% dengan kriteria "sangat praktis". Berdasarkan  hasil tes peserta didik mencapai nilai rata-rata sebesar 91, 35% dengan kriteria "sangat efektif". Berdasarkan dari hasil presentasi di atas menunjukkan bahwa media pembelajaran flipbook matematika materi bangun datar yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi bangun datar.

Keywords


Kvisoft Flipbook Marker Pro, Buku Digital, 4-D, Interaktif

Full Text:

PDF

References


Alfiyah, Z., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Query Date: 2023-09-24 18:05:34. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/1297/0

Al-Shaye, S. (2021). Digital Storytelling For Improving Critical Reading Skills, Critical Thinking Skills, And Self-Regulated Learning Skills. Kıbrıslı Eğitim Bilimleri Dergisi, Query Date: 2023-08-12 23:00:56. Https://Www.Ceeol.Com/Search/Article-Detail?Id=1013147

Ananda, E., & Wandini, R. (2022). Analisis Perspektif Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Query Date: 2023-09-24 18:05:34. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/2773/0

Ashour, O., Alkhatib, A. M., Zureikat, Q. A., Al-Shaikhli, M., Ata, B. B., Massad, T., Al-Huneidy, L., Al-Sabbagh, M. Q., & Al-Ani, A. (2023). Investigating Medical Students’ Satisfaction Towards Video-Based Learning Versus Face-To-Face Lectures: A Jordanian Tertiary Teaching Hospital Experience. Korean Journal Of Medical Education, 35(1), 21–32. Https://Doi.Org/10.3946/Kjme.2023.246

Dewi, N. R., Anggraini, E. D., Muktiari, B. R., & Safitri, A. (2021). Book Chapter Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pada Pembelajaran Preprospek Berbantuan Tik (Andriyanto, Ed.; 1st Ed.). Penerbit Lakeisha.

Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V2i1.1521

Fitriana, C. L., & Diplan, D. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V Sdn-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 7–11. Https://Doi.Org/10.33084/Tunas.V3i2.568

Hanid, M. F. A. (2022). The Elements Of Computational Thinking In Learning Geometry By Using Augmented Reality Application. International Journal Of Interactive Mobile Technologies, 16(2), 28–41. Https://Doi.Org/10.3991/Ijim.V16i02.27295

Hershkowitz, R. (2020). Shape And Space: Geometry Teaching And Learning. In Encyclopedia Of Mathematics Education (Pub.1125081646; Pp. 774–779). Https://Doi.Org/10.1007/978-3-030-15789-0_138

Indasari, M., & Ratna, M. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Materi Volume Kubus Dan Balok. Wahana Didaktika: Jurnal …, Query Date: 2023-09-24 18:05:34. Https://Jurnal.Univpgri-Palembang.Ac.Id/Index.Php/Didaktika/Article/View/3452

Maharani, S., Nusantara, T., As’ Ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah Di Abad Ke-21. Madiun: Perpustakan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (Kdt).

Monalisa, A., Methalia, E., Yanti, Y. A., Syahrial, & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 4 N.

Nafi’ah, & Indrawati, D. (2019). Pengembangan Media Puzzle Motif Nusantara (Montara) Dalam Pembelajaran Bangun Datar Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 07(05), 3393–3402.

Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, Volume 3 N. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.3.3.247-254

Simbolon, S., & Sapri. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas Iv Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 N. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2081

Sugiyono. (2021). Motode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Dan Penelitian Pendidikan) (Nuryanto Apri, Ed.; Ke Dua). Alfabeta, Cv.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. Https://Doi.Org/10.24042/Djm.V1i2.2279

Widyasari, I., Zetriuslita, Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas Vii Smp. Jurnal Derivat, Volume 8 N.

Yuniarti, I., Pangetika, R., & Ratnasari, A. (2022). Pengembanga Lks (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Kleas V Di Sdn Sindurjan. Journal On Teacher Education, 4.

Yuniarti, Ika, Rintis Pangetika, And Arum Ratnasari. 2022. “Pengembanga Lks (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Kleas V Di Sdn Sindurjan.” Journal On Teacher Education 4.


Article Metrics

Abstract has been read : 740 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.17304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)