Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Statistika Kelas IV Sekolah Dasar

Windi Dwi Cahyanti, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Nora Surmilasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika materi statistika kelas IV yang valid, praktis dan untuk mengetahui keefektifan modul yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan bahwa peserta didik tidak dapat memahami materi secara mandiri harus dengan penjelasan dari pendidik yang secara berulang-ulang, dan pendidik menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah, sehingga perlu dikembangkannya bahan ajar untuk mendukung proses pembelajaran yaitu modul. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan, mengacu pada pengembangan model 4-D yang dibatasi menjadi 3-D dengan tiga tahapan yaitu (1) Define (pendefinisian). (2) Design (perancangan). (3) Develop (pengembangan). Penelitian bertempat di SDN 195 Palembang. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penilaian validasi modul, instrumen penilaian kepraktisan (guru), instrumen penilaian kepraktisan (peserta didik), dan data hasil tes soal peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mendapatkan presentase 96,09% dengan kategori ’’sangat valid’’. Hasil penilaian kepraktisan (guru) mendapatkan 92,64% dengan kategori ’’sangat praktis’’. Hasil uji skala kecil mendapatkan presentase 90,41%. Hasil tes soal peserta didik mendapatkan presentase 88,88% dengan kategori ’’sangat efektif’’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika materi statistika kelas IV SD termasuk ke dalam modul yang valid, praktis, dan efektif

Keywords


Four-D, valid, praktis, efektif

Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, Iqnatia, and Nur Hakiky. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education 04(01): 1–8.

Andeswari, Septiana Sholeh, Dudung Amir Zakiyah, and Linda. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3(1): 48–61.

Astriani, Linda, and Sasnia Akmalia. 2022. “Pengembangan Modul Bangun Ruang Dan Statistika Berbasis Project Based Learning.” 06(03): 3431–42.

Endang, Fitri Utami, Rosalina Elya, and Frima Aren. 2022. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Contextual Teaching Learning Pada Siswa Kwlas IV 48.” 2(2): 105–23.

Farida, Cici, Destiniar Destiniar, and Nyiayu Fahriza Fuadiah. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Penyajian Data.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1): 53–66.

Febriyanti, Dyara Atmy, and Siti Quratul Ain. 2021. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(3): 1409–16.

Ilahiyah, Nihlatul, Indhira Asih Vivi Yandari, and Aan Subhan Pamungkas. 2019. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan Di Sd.” Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 6(1): 49–63.

Khasanudin, Muhamad, Nur Cholid, Linda Indiyarti Putri, and Pgmi Universitas Wahid Hasyim. 2020. “Creative of Learning Students Elementary Education Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang untuk Kelas V SD/MI.” Journal of Elementary Education 03(05): 5.

Maghfiroh, Yuli, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(2): 272–81.

Monica, Ressy, Zuhar Ricky, and Estuhono Estuhono. 2021. “Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning Pada Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6): 4470–82.

Nur Aisyah, Iis. 2023. Matematika. Pertama. ed. Pertiwi Arum Puspita. Depok, Jawa Barat: CV Arya Duta.

Putra, Rizki Pernanda, and Hendra Syarifuddin. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Penyajian Data Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 2(1): 264–70.


Article Metrics

Abstract has been read : 314 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.17303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)