Learning Obstacle Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar Prisma Segitiga Pembelajaran Matematika Kelas V SdN 80 Palembang

Nanda Dwi Ayu Portuna, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Nora Surmilasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami peserta didik kelas V (A) SDN 80 Palembang pada materi volume prisma segitiga. Adapun jenis learning obstacle yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu ontogenic learning obstacle, epistemological learning obstacle dan didactical learning obstacle. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SDN 80 Palembang. Learning obstacle diperoleh berdasarkan hasil analisis RPP, bahan ajar, hasil tes diagnostik learning obstacle materi volume prisma segitiga dan hasil wawancara peneliti dengan guru dan peserta didik.   Hasil penelitian ditemukan learning obstacle berupa epistemological learning obstacle ontogenic learning obstacle dan didactical learning obstacle. 1) Jenis learning obstacle yang dialami peserta didik yaitu keterbatasan konteks dalam memahami konsep materi volume bangun ruang prisma segitiga yang termasuk kedalam epistemological learning obstacle ; 2) learning obstacle yang terkait perangkat pembelajaran baik itu dari RPP, bahan ajar maupun pengajaran dari guru yang termasuk kedalam didactical learning obstacle dan 3) Ontogenical learning obstacle yang terlihat pada penelitian ini yaitu peserta didik kurang memahami konsep materi volume bangun ruang sisi datar prisma segitiga yang dapat dilihat dari bahwa sebagian besar siswa belum mampu membedakan bangun datar dan bangun ruang

Keywords


Hambatan pembelajaran, prisma segitiga, hambatan ontogeni, hambatan didaktis, hambatan epistimologis

Full Text:

PDF

References


Abouelenein, Y. A. M., & Nagy Elmaadaway, M. A. (2023). Impact of Teaching a Neuro-Computerized Course Through VLE to Develop Computational Thinking Among Mathematics Pre-service Teachers. Journal of Educational Computing Research, 073563312311650. https://doi.org/10.1177/07356331231165099

Adi, S., Wijayanti, A., Irfan, M., Pusporini, W., Mariah, S., & Rochmiyati, S. (2023). Effects of Worksheets on Problem-Solving Skills: Meta-Analytic Studies. Effects of Worksheets on Problem-Solving Skills: Meta-Analytic Studies, 9(1), 151–167. https://doi.org/10.12973/ijem.9.1.151

Adiwinata, R., Masykur, R., & Putra, R. W. (2018). Learning Obstacle Untuk Siswa SMP Materi Tabung dan Kerucut. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 508.

Ahmad, A., Negara, H., Parihin, P., & ... (2021). Identifikasi Hambatan Belajar Online Siswa pada Masa Pandemi COVID-19 (Study Kasus: Di Madrasah Tsanawiyah). … Riset Teknologi Dan …, Query date: 2023-09-24 18:05:34. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/145

Aisyi, I., Ghufron, S., Hidayat, M., & ... (2020). Gerakan Literasi Sekolah: Pelaksanaan, Hambatan, dan Solusi (Studi Kasus di SD Ghufron Faqih Surabaya). Jurnal Genta …, Query date: 2023-09-24 18:05:34. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/376

Ajizah, R., Maemonah, M., & ... (2021). Peran Home Visit Untuk Mengatasi Hambatan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Normal Islam Rakha. Al-Madrasah: Jurnal …, Query date: 2023-09-24 18:05:34. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/742

Apriani, A., Ismarmiaty, I., Susilowati, D., Kartarina, K., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017

Aprinastuti, C. (2022). Implementation of Computational Thinking and Ignatian Pedagogy in Geometry subject for Elementary School Pre-Service Teachers. Jurnal Basicedu, 6(3), 5329–5337. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2177

As’ari, A. R., Kurniati, D., Maharani, S., & Basri, H. (2019). Ragam soal matematis untuk mengembangkan disposisi berpikir kritis. Universitas Negeri Malang.

Dewi, C. A., Awaliyah, N., Fitriana, N., Darmayani, S., Nasrullah, Setiawan, J., & Irwanto, I. (2022). Using Android-Based E-Module to Improve Students’ Digital Literacy on Chemical Bonding. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(22), 191–208. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.34151

Habibah, U., Santika, R., Setiono, P., & ... (2021). Analisis kesulitan belajar siswa sd dalam pembelajaran matematika secara daring. Jurnal Ilmiah …, Query date: 2023-09-24 18:05:34. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/751

Khaeroh, I., Advelia, F., Rosyid, A., & ... (2020). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Dengan Hambatan Penglihatan (Low Vision) Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan …, Query date: 2023-09-24 18:05:34. https://journal.unesa.ac.id/index.php/ji/article/view/11328

Mardani, S., & Budiono, H. (2020). Identifikasi Hambatan-hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi. repository.unja.ac.id. https://repository.unja.ac.id/13961/

Mathew, R., Malik, S., & Tawafak, R. (2019). Teaching Problem Solving Skills using an Educational Game in a Computer Programming Course. Informatics in Education, Query date: 2023-08-08 11:00:18. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=804181

Muharram, M. (2021). Model Pembelajaran Spade: Solusi Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar (Tinjauan Sistematis). De Fermat: Jurnal Pendidikan …, Query date: 2023-09-24 18:05:34. http://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/188

Nurdiansyah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Basokeng Kabupaten Bulukumba. Algazali Journal, 47-48.

Prastiwi, A. A., Fuadiah, N. F., & Murjainah. (2022). Learning Obstacles Materi Hubungan Antar Garis Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 144.

Suharjana , A. (2008). Mengenal Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya di SD. DI Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis hambatan belajar pada materi pecahan. Research and Development …, Query date: 2023-09-24 18:05:34. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/8509

Utami, S. M., Irianto, S., & Badarudin. (2020). Pengembangan LKPD Matematika Materi Keliling dan Luasa Bangun Datar Menggunakan Kalkulator di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 37.


Article Metrics

Abstract has been read : 440 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.17300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)