Learning Obstacle Materi Pengukuran Sudut Siswa Kelas IV di SD Negeri 32 Palembang

Dela Lorenza, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Nora Surmilasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hambatan belajar (Learning Obstacles) yang dialami siswa di SD Negeri 32 Palembang. Jenis hambatan belajar yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah hambatan ontogenik, hambatan didaktis, dan hambatan epistemologis. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan instrumennya berupa tes pada materi pengukuran sudut, analisis materi, analisis bahan ajar, analisis RPP dan wawancara. Hambatan belajar diperoleh dengan menganalisis hambatan belajar yang dialami siswa dilihat dari 4 (empat) yaitu tes diagnostik hambatan belajar, aspek analisis bahan ajar, analisis RPP, dan wawancara dengan guru kelas dan siswa. Hasil penelitian ini menemukan hambatan belajar dikategorikan menjadi 3 jenis, yaitu hambatan ontogenik, hambatan didaktis, dan hambatan epistemologis. Jenis hambatan belajar yang dialami siswa adalah kurangnya penguasaan konsep dasar materi dan kesulitan dalam memecahkan masalah yang merupakan hambatan ontogenik, hambatan didaktis, terkait dengan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, dan hambatan epistemologis, yaitu keterbatasan konteks pemahaman yang dimiliki siswa

Full Text:

PDF

References


Adrian, Q. J., & Apriyanti. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 1 dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo 13 (1), 51-54.

Anggraeni, S. T., Maryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 25-37.

Buyung. (2018). Pengembangan Bahan Ajar pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 509-517.

Cesaria, A., & Herman, T. (2019). Hambatan Belajar Dalam Geometri. Jurnal Sains dan Teknologi Rekayasa 14 (3), 1271-1280.

Darman, R. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Padang: Guepedia.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Mata Kuliah Umum 21 (1), 33-54.

Fahrilianti, I. W. (2020). Analisis Hambatan Belajar Siswa Pada Materi Program Linear. Jurnal Matematika Ilmiah, 1-10.

Febriayandani, R., & Kowiyah. (2021). Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedadogi dan Pembelajarn 4 (2), 323-330.

Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Deepublish.

Hildani , T., & Safitri, I. (2021). Implememntasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika 5 (1), 591-606.

Hobri, Susanto, Sayifuddin, M., Maylistiyana, D. E., Hosnan, Cahyanti, A. E., & Syahrinawati, K. A. (2018). Senang Belajar MATEMATIKA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Imansyah, A. W., & Badaruddin. (2022). Analisis Learning Obstacle Siswa Pada Materi Oprasi Penjumlahan Pecahan di Kelas IV SD Negeri Kalitlaga. Jurnal Pendidikan Guru MI 3 (2), 113-128.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri di Lihat Dari Learning Obstacle. Jurnal Didactial Mathematics 2 (1), 9-16.

Kosasih, U., Sabila, N. W., & saefuloh , N. A. (2022). Desain Pembelajaran Logaritma Berbasis Permainan Matematika. Journal Of Authentic Research On Matematics Education (JARME),4 (1), 46-56.

Mansur, R. (2018). BelajarJalan Perubahan Menuju Kemudahan. Jurnal Vicratina 3 (1), 145-158.

Mufidah, A., Safruddin, & Turmuzi, M. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Tepas Pada Masa Pandemi Covid-19. Primary Education Journal, 10-19.

Muhlis, Mahmudah, U. I., & Sukriadi. (2022). Implementasi Pembelajaran Darring dalam Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran sudut. Jurnal ILmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1-14.

Mutmainah, I. I., Fuadiah, N. F., & Fitriasari, P. (2021). Learning Obstacle Pada Pembelajaran Pertidaksamaan Lenier Satu Variabel Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2), 21-23.

Prastiwi, A., Fuadiah, N., & Murjainah. (2022). learning Obstacles Materi Hubungan Antar Garis Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary. 5(2), 144-152.

Priatna, N., & Yuliardi, R. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, B. B., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 68-74.

Rahasima, Sugiatno, & D. S. (2019). Antisipasi Didaktis Terkait Learning Obstacle Dalam Problem Solving Bangun Datar Dengan Memanfaatkan Potensi Berpikir Kreatif. 1-12.

Ramadhani, R., Masrul, Nofriansyah, D., Hamid, M. A., Sudarsana, I. K., Simarmata, S. J., . . . Suhelayanti. (2020). Belajar dan Pembelajaran:Konsep Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Riyani, B. M., Fuadiah, N. F., & Murjainah. (2022). Desain Didaktis Materi Pengukuran Satuan Panjang Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 252-261.

Rosita, C. D., Maharani, A., Tonah, & Munfi. (2020). Learning Obstacle Siswa Pada Materi Lingkaran. Journal Progam Studi Pendidikan Matematika, 467-479.

Suarim, B., & Neviyarni. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 75-83.

Subroto, T. (2018). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Trigonometri Dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Indonesian Mathematics Education, 109-120.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D . Bandung: ALFABETA.

Suzana, Y., & Jayanto, I. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Syam, S., Subakti, H., Kristianto, S., Chamidah, D., Suharti, T., Haruna, N. H., . . . Arhesa, S. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Winsaputri, K. D. (2022). Learning Obstacle Pada Pembelajaran Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII. SUBSET : Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan.


Article Metrics

Abstract has been read : 482 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.17299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)