Klasifikasi Kriteria Kemampuan Siswa Untuk Heterogenitas Kelompok Belajar Menggunakan Agglomerative Hierarchical Cluster Analysis
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.15920Keywords:
Sturges' Rule, hypothetical categorization, agglomerative hierarchical cluster analysisAbstract
Downloads
References
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. 7(01).
Ansyah, R., Safitri, J., & Zwagery, R. V. (2019). Hubungan Persepsi Co-Parenting Dengan Interaksi Teman Sebaya Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Martapura. Jurnal Kognisia, 2(1). https://doi.org/10.20527/jk.v2i1.1600
Aulia, J., & Fatichatul, F. (2017). Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Gamestournaments (TGT) Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 5 Di SMAN 15 Semarang. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Semarang. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3086
Dewi, A. F., & Ahadiyah, K. (2022). Agglomerative Hierarchy Clustering Pada Penentuan Kelompok Kabupaten/Kota di Jawa Timur Berdasarkan Indikator Pendidikan. Zeta - Math Journal, 7(2), 57–63. https://doi.org/10.31102/zeta.2022.7.2.57-63
Endy Suherman, Ermatita, E., & Sukemi, S. (2019). Agglomerative Hierarchical Clustering Dengan Berbagai Pengukuran Jarak Dalam Mengklaster Daerah Berdasarkan Tingkat Kemiskinan. 5(01).
Fadliana, A., & Rozi, F. (2015). Penerapan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering Untuk Klasifikasi Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana. CAUCHY: Jurnal Matematika Murni dan Aplikasi, 4(1). https://doi.org/10.18860/ca.v4i1.3172
Hermanto, R., & Harimurti, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Media Pembelajaran Google For Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Kejuruan Multimedia SMK Negeri 3 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20239
Krishnan, S. (2015). Student-Centered Learning in a First Year Undergraduate Course. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 11(02). https://www.ijlter.org/index.php/ijlter/article/view/353
Luka, S. S. P., Candiasa, I. M., & Aryanto, K. Y. E. (2019). Analisis Pembentukan Kelompok Diskusi Panel Siswa Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means Dan K-Means. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/18913
Nur Hadi, S., & Juliani Noor, A. (2013). Keefektifan Kelompok Belajar Siswa Berdasarkan Sosiometri dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.564
Parahita, I. N., Santiyadnya, N., & Sutaya, I. W. (2019). Learning Community Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perawatan PC. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i3.23977
Sari, W. M., Darnius, O., & Sembiring, P. (2018). Perbandingan Keakuratan Dari Model Tabel Distribusi Frekuensi Berkelompok Antara Metode Sturges Dan Metode Scott. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 1(1), 001–009. https://doi.org/10.32734/st.v1i1.182
Wati, F., & Rivilla, S. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 83. https://doi.org/10.18592/jpm.v2i2.1176
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â