Analisis Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika di Masa Pandemi Ditinjau dari Self Regulation dan Gaya Kognitif Konseptual Tempo

Sandha Soemantri, Fery Alhadi Susanti

Abstract


Salah satu dampak positif dari pandemi Covid-19 adalah percepatan transformasi pendidikan melalui pembelajaran jarak jauh, akibatnya metode pembelajaran harus terus dikembangkan dan siswa dituntut untuk mampu menjadi pembelajar mandiri. Self-regulated learning memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika, karena dengan Self-regulated learning siswa mampu mengembangkan strategi untuk meningkatkan potensi dan mengelola lingkungan yang kondusif. Pembelajaran matematika yang selalu berkaitan dengan penyelesaian masalah melalui soal cerita menjadi cukup sulit bagi siswa jika pembelajaran dilakukan secara daring. Selain self-regulated learning, gaya kognitif siswa juga memiliki peran penting dalam kemampuan penyelesaian masalah khususnya soal cerita. Gaya kognitif yang cocok untuk keterampilan penyelesaian masalah adalah gaya kognitif tempo konseptual (Impulsif dan Reflektif). Dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat siswa dengan gaya kognitif reflektif dan memiliki self regulated learning yang tinggi, namun memiliki kemampuan penyelesaian masalah pada kategori rendah. Hal ini bertentangan dengan anggapan bahwa siswa reflektif mampu mengambil keputusan secara teratur. Akan tetapi, hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa siswa reflektif masih lebih baik dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan serta lebih mampu menentukan tujuan belajarnya sendiri. dan berkonsentrasi pada informasi yang relevan, sehingga memiliki standar kinerja yang tinggi.

Keywords


matematika, penyelesaian masalah, Self-Regulation, Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

References


Kagan, J. & Lang. (1986). C. Psychology and Education, an Introduction. In: New York: Harcourt Brace Inc. 1986.

Kozhevnikov, M. (2007).Cognitive Style in the Context of Modern Psychology: Toward an Integrated Framework of Cognitive Style. in: Psychological Bulletin Vol.133 No.3 pp. 464-481. American Psychological Assosiation.

Murwati, S.R., Asroriyah, N. (2020). Studi Exploratif, Transformasi Pendidikan dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). in: JPT Jurnal Pendidikan Tematik, Vol.1 No.3, 2020, pp. 166-171

Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. In: Jakarta: Bumi Aksara.

Nopita, N., Rosyana, T. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial Melalui Pembelajaran Daring. In: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol.4 No.4.

Park, O & Lee, J. (2004). Adaptive Instructional Systems. in: Journal of Research for Educational Communications and Technology. Vol. 27, No.3, 651-683. New Jersey: Mahwah.

Purba, Oktaviana Nirmala. (2017). Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematik Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). In: AXIOM: Vol.6 No.1, 2017.

Rahman, A. (2008). Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Secara Psikologis Dan Konseptual Tempo Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makasar. in: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 072, Tahun ke-14, Mei. 452-473.

Rozencwajg, P. & Corroyer, D. (2005). Cognitive Processes in the Reflective-Impulsive Cognitive Style. in: The Journal of genetic Psychology. 166(4), 451-463. Heldref Publications.

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Alih Bahasa, Tri Wibisono B.S. in: Jakarta: Kencana.

Shantiyana, I Nyoman Mei Adi. (2019). Pengaruh Content Knowledge (CK), Pedagogical Content Knowledge (CK), dan Self-Regulated Learning (SRL) Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. in: Tesis (Pasca Sarjana) Universitas Pendidikan Ganesha.

Siahaan, Matdio. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. In: Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Edisi Khusus No. 1, 2020, pp: 1 – 3

Soemantri, Sandha. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo Terhadap Tingkat Kesalahan Siswa. In: Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.18 No.1, 2018.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. in: Bandung: Alfabeta.

Susan, H., Collinson, G. (2005). Achieving Evidence-Based Practice: A Handbook for Partitioners. Second Edition. in: Elsevier Health Science.

Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dan Reflektif dalam Memecahkan Masalah Geometri. in: (Disertasi) Surabaya: Program Pascasarjana UNESA.

Yahaya, A., Suboh, A., Zakariya, Zurihanmi, Yahaya, F. (2005). Aplikasi Kognitif dalam Pendidikan. In: Pahang Darul Makmur: PTS Profesional Publishing.

Yuningdartie. (2014). Efektivitas Konseling Rasional Emotif Behavioral Dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa. in: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zimmerman, B.J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. In: Journal of Educational Psychology Vol.25 No.1, 1990. pp 3-17.


Article Metrics

Abstract has been read : 175 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.15913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)