Analisis Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika di Masa Pandemi Ditinjau dari Self Regulation dan Gaya Kognitif Konseptual Tempo
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.15913Keywords:
matematika, penyelesaian masalah, Self-Regulation, Gaya KognitifAbstract
Downloads
References
Kagan, J. & Lang. (1986). C. Psychology and Education, an Introduction. In: New York: Harcourt Brace Inc. 1986.
Kozhevnikov, M. (2007).Cognitive Style in the Context of Modern Psychology: Toward an Integrated Framework of Cognitive Style. in: Psychological Bulletin Vol.133 No.3 pp. 464-481. American Psychological Assosiation.
Murwati, S.R., Asroriyah, N. (2020). Studi Exploratif, Transformasi Pendidikan dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). in: JPT Jurnal Pendidikan Tematik, Vol.1 No.3, 2020, pp. 166-171
Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. In: Jakarta: Bumi Aksara.
Nopita, N., Rosyana, T. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial Melalui Pembelajaran Daring. In: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol.4 No.4.
Park, O & Lee, J. (2004). Adaptive Instructional Systems. in: Journal of Research for Educational Communications and Technology. Vol. 27, No.3, 651-683. New Jersey: Mahwah.
Purba, Oktaviana Nirmala. (2017). Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematik Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). In: AXIOM: Vol.6 No.1, 2017.
Rahman, A. (2008). Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Secara Psikologis Dan Konseptual Tempo Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makasar. in: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 072, Tahun ke-14, Mei. 452-473.
Rozencwajg, P. & Corroyer, D. (2005). Cognitive Processes in the Reflective-Impulsive Cognitive Style. in: The Journal of genetic Psychology. 166(4), 451-463. Heldref Publications.
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Alih Bahasa, Tri Wibisono B.S. in: Jakarta: Kencana.
Shantiyana, I Nyoman Mei Adi. (2019). Pengaruh Content Knowledge (CK), Pedagogical Content Knowledge (CK), dan Self-Regulated Learning (SRL) Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. in: Tesis (Pasca Sarjana) Universitas Pendidikan Ganesha.
Siahaan, Matdio. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. In: Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Edisi Khusus No. 1, 2020, pp: 1 – 3
Soemantri, Sandha. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo Terhadap Tingkat Kesalahan Siswa. In: Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.18 No.1, 2018.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. in: Bandung: Alfabeta.
Susan, H., Collinson, G. (2005). Achieving Evidence-Based Practice: A Handbook for Partitioners. Second Edition. in: Elsevier Health Science.
Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dan Reflektif dalam Memecahkan Masalah Geometri. in: (Disertasi) Surabaya: Program Pascasarjana UNESA.
Yahaya, A., Suboh, A., Zakariya, Zurihanmi, Yahaya, F. (2005). Aplikasi Kognitif dalam Pendidikan. In: Pahang Darul Makmur: PTS Profesional Publishing.
Yuningdartie. (2014). Efektivitas Konseling Rasional Emotif Behavioral Dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa. in: Universitas Pendidikan Indonesia.
Zimmerman, B.J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. In: Journal of Educational Psychology Vol.25 No.1, 1990. pp 3-17.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â