Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II di Sekolah Dasar

Linda Sari Oktavia, Rakimahwati Rakimahwati

Abstract


Pentingnya pembelajaran yang efektif, pendidik harus mampu menyiapkan sumber belajar sesuai dengan prinsip perkembangannya. Sumber belajar yang dikembangkan dapat disusun dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKPD). Lembar kerja siswa yang diberikanukepada siswa harus dirancang dengan baik dengan memperhatikan kebutuhan dan karakteristik siswa. LKPD di sekolah dasar saat ini masih perlu dikembangkan karena beberapa alasan, yaitu warnanya kurang menarik, dan dilihat dari isinya juga perlu dikembangkan. Hal tersebut berdampakupada rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembanganedengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil yang diperoleh adalah LKPD yang dikembangkan memperoleh persentase validitas sebesar 87,8% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan respon guru sebesar 3,89 (sangat praktis), sedangkan respon siswa sebesar 3,7 (sangat praktis). Keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa yaitu N-Gain Score sebesar 0,95 (Tinggi) dengan kategori sangat efektif. Artinya LKPD yangudikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas 2 SD

Keywords


Pengembangan, LKPD, PBL

Full Text:

PDF

References


Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( Lkpd ) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas Xi Sma. Jurnal Pembelajaran Biologi, 2(1), 49–57.

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45.

Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., & Adi. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241–249.

Clara, A. (2014). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 107–115.

Daryanto. (2013). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. In Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, A. A. A. L., & Agustika, G. N. S. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Berbudaya Melalui LKPD Interaktif Menggunakan Model Predict Observe Explain Berbasis Etnomatematika Kelas I SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 208–219.

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).

Jeska. (2016). Executive Summary Executive Summary Executive Summary. South African Medical Journal, 101(2003), 16.

Melindawati, S. (2021). Development of Integrated Thematic Student Worksheets (LKPD) Using the Discovery Learning Model in Class IV Elementary Schools. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 1(1), 7–15.

Nurliawaty, L., & Mujasam. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 72–81.

Ratna, A. (2022). View of Pengaruh Perhatian Orang Tua, Fasilitas, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).pdf. Jurnal Penelitian, 3(1), 61–69.

Riskiyanti. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 338–344.

Sari, L. (2022). Validitas LKPD Berbasis Model Project Based Learning Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1358–1370.

Setiani, A., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2021). Persepsi Peserta Didik terhadap LKPD Terintegrasi STEM pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 287–293.

Sry, A. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review, 06(1), 68–72.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alphabe.

Syahputra, E. (2019). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, I(2), 1276–1283.

Veronica, F., Gunawan, H., Fitri, L. L., Fernando, A., Nadhova, G., & Hilsa, H. (2022). Simple Eeg Assess Working Memory Process in Difference Gender. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan : Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 9(3), 339–344.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas, 2(2), 1–10.


Article Metrics

Abstract has been read : 507 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.15449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)