Kompetensi Strategis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Authors

  • Achmad Fachruddin Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Juniati Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Rahadjeng Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.15418

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi strategis siswa SMP peraih medali olimpiade matematika internasional dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya pada topik aljabar. Kompetensi strategis merupakan kemampuan siswa dalam merumuskan, merepresentasikan, dan menyelesaikan masalah. Subjek penelitian adalah satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan SMP sederajat yang pernah mendapatkan medali olimiade matematika di tingkat internasional baik medali emas, perak, maupun perunggu dalam 2 tahun terakhir.  Pengumpulan data dilakukan melalui tugas pemecahan masalah, wawancara, observasi dan dokumentasi. Indikator yang dinilai mencakup merumuskan, merepresentasikan dan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap merumuskan masalah, kedua subjek membaca dan membayangkan situasi dan kondisi dari permasalahan yang ada, subjek laki-laki tidak menuliskan pada lembar jawaban tentang informasi apa saja yang diketahui di soal, sedangkan subjek perempuan menuliskan dengan lengkap informasi yang diketahui di soal. Pada tahap merepresentasikan, subjek laki-laki menuliskan dalam bentuk simbol atau sketsa matematis sedangkan subjek perempuan menuliskan semua kemungkinan bentuk aljabar yang memenuhi. Pada tahap memecahkan masalah, subjek laki-laki cenderung menggunakan cara yang lebih singkat dan efektif, sedangkan subjek perempuan bekerja lebih runtut dan rinci yaitu mendaftar semua kemungkikan biaya yang harus dikeluarkan, kedua subjek mendapatkan jawaban yang sama dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M., Halim, A., & Sharifah, O. (2021). Improving Polytechnic Students’ High-Order-Thinking-Skills through Inquiry-Based Learning in Mathematics Classroom. … Journal of Evaluation and Research …, Query date: 2023-08-12 23:00:56. https://eric.ed.gov/?id=EJ1313137

Abreu, G. de. (2020). Cultural diversity in mathematics education. Encyclopedia of Mathematics Education, Query date: 2023-08-12 23:00:56. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_37

Acioly-Regnier, N. (2020). Informal Learning in Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education (pub.1125081673; pp. 373–380). https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_164

Adams, C., Cutumisu, M., & Lu, C. (2019). Measuring K-12 computational thinking concepts, practices and perspectives: An examination of current CT assessments. Society for Information Technology & …, Query date: 2023-08-12 23:00:56. https://www.learntechlib.org/p/207654/

Adi, S., Wijayanti, A., Irfan, M., Pusporini, W., Mariah, S., & Rochmiyati, S. (2023). Effects of Worksheets on Problem-Solving Skills: Meta-Analytic Studies. Effects of Worksheets on Problem-Solving Skills: Meta-Analytic Studies, 9(1), 151–167. https://doi.org/10.12973/ijem.9.1.151

Adiredja, A. P., & Zandieh, M. (2020). The lived experience of linear algebra: A counter-story about women of color in mathematics. Educational Studies in Mathematics, 104(2), 239–260. https://doi.org/10.1007/s10649-020-09954-3

Ahmat, N. (2022). Knowledge, Skills and Attitude of Pre-Service Mathematics Teachers Towards Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Educational Methodology, 8(4), 795–804. https://doi.org/10.12973/ijem.8.4.795

Ahn, J. (2022). Exploring the Negative and Gap-Widening Effects of EdTech on Young Children’s Learning Achievement: Evidence from a Longitudinal Dataset of Children in American K–3 Classrooms. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(9), 5430. https://doi.org/10.3390/ijerph19095430

As’ari, A. R., Kurniati, D., Maharani, S., & Basri, H. (2019). Ragam soal matematis untuk mengembangkan disposisi berpikir kritis. Universitas Negeri Malang.

Kilpatrick, J. (2020). Competency Frameworks in Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education (pub.1125081700; pp. 110–113). https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_27

Maharani, S. (2019). PROBLEM SOLVING IN THE CONTEXT OF COMPUTATIONAL THINKING. Infinity Journal, 8(2), 109–116. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p109-116

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational thinking: Media pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam matematika PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 975–984.

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2021). Exploring the computational thinking of our pre-service mathematics teachers in prepare of lesson plan. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012101.

Scheffel, M., & Wirth, J. (2022). Educational Technologies. Unterrichtswissenschaft, 50(4), 517–523. https://doi.org/10.1007/s42010-022-00160-z

Syahfitri, J. (2019). Confirmatory factor analysis of critical thinking disposition test in university biology. Journal of Physics: Conference Series, 1280(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032001

Downloads

Additional Files

Published

09/19/2023

Issue

Section

Articles