Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Dengan Teknik Detour Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi keberagaman gaya belajar dan kemampuan peserta didik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran adaptif dengan teknik detour terkait materi kaidah pencacahan yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui karakteristik media dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media adaptif. Penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan prototipe, dan penilaian. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa media memiliki nilai validitas 3,48 yang berada dalam kategori valid. Rata rata skor keterlaksanaan memperoleh skor 3,58 dan mencapai kategori sangat praktis, rata rata skor respon peserta didik 3,47 pada kategori praktis dan rata rata skor respon guru 3,75 pada kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas dari hasil tes pemahaman konsep memperoleh skor 96,47 berada pada kriteria tuntas dengan persentase ketuntasan 100%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran adaptif dengan teknik detour pada materi kaidah pencacahan berkualitas valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambiyar, Verawardina, U., Lubis, A. L., Ramadhani, D., & Asnur, L. (2021). Application of Adaptive Media and Enganging E-learning for Students in E-learning Courses. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 288–296.
Amir, A. (2015). Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma, 3(1), 13–28.
Bachari, E. El, Abelwahed, E. H., & Adnani, M. El. (2012). An adaptive teaching strategy model in e-learning using learners’ preference: LearnFit framework. International Journal of Web Science, 1(3), 257–274.
Bennett, J. (2018). Personalizing Training with Adaptive Learning Systems. TD at Work, 35(1805), 1–16.
Bisri, H., Supriawan, D., & Permana, T. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Kelistrikan. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 73–82.
Brusilovsky, P. (2001). Adaptive Hypermedia. User Modeling and User-Adapted Interaction, 11, 87–110.
Ducket, I., & Tatarkowski, M. (2005). Practical Strategies for Learning and Teaching on Vocational Programmes. Learning and Skills Development Agency.
Dwi Surjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. UNY Press.
Gutierrez, M. del C. V. (2018). The Styles Visual, Auditory, Kinesthetic and Competences in The Classroom. International Journal of Recent Scientific Research, 9(6), 27679–27682.
HE, C., Wulandari, A. N., Sutopo, S., & Kuswardi, Y. (2020). Application of Moodle as Authentic Assessment in Learning Mathematics in SMK. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 10(2), 75–86.
Husein Batubara, H., & Noor Ariani, D. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (1st ed.). Refika Aditama.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.
Moneva, J. C., Arnado, J. S., & Buot, I. N. (2020). Students’ Learning Styles and Self-Motivation. International Journal of Social Science Research, 8(2), 16–29.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics (Vol. 4, Issue 1). The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nilsson, P. (2011). The Challenge of Innovation. In Critical Thinking and Creativity: Learning Outside the Box. Proceedings of the 9th International Conference of The Bilkent University Graduate School of Education, 54–62.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I):What Students Know and Can Do: Vol. I.
Oliveira, M., Barreiras, A., Marcos, G., Ferreira, H., Azevedo, A., & De Carvalho, C. V. (2017). Collecting and analysing learners data to support the adaptive engine of OPERA, a learning system for mathematics. CSEDU 2017 - Proceedings of the 9th International Conference on Computer Supported Education, 1(Csedu), 631–638.
Putra, A. A., & Nuryadi, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lms Moodle Ditinjau Dari Cognitive Loads Theory. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 54–60.
Putra, I. G. J. A., Dantes, G. R., & Ernanda, K. Y. (2019). Adaptive Learning : Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Rangka Optimalisasi Sistem E-Learning Dengan Menggunakan Bayesian Network 1). Jurnal Ilmu Komputer Indonesia (JIKI), 4(2), 21–30.
Riding, R., & Rayner, S. (1999). Cognitive Styles and Learning Strategies: Understanding Style Differences in Learning and Behavior (1st ed.). David Fulton Publishers.
Sadra, I. W. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas Satu Sekolah Dasar.
Sarasin, L. . (1999). Learning Style Perspectives, Impact in the Classroom (3rd ed.). Atwood Publishing.
Sengodan, V., & Iksan, Z. H. (2012). Students’ learning styles and intrinsic motivation in learning mathematics. Asian Social Science, 8(16), 17–23.
Sihombing, D. I., & Simanjuntak, R. M. (2022). Pengajaran Adaptif Dalam Matematika Sebagai Solusi Pembelajaran Daring: Kajian Literatur. Journal of Mathematics Edication and Applied, 03(02), 124–135.
Simbolon, D. (2021). Implementasi Lms (Learning Management System) Moodle Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Universitas Quality. Jurnal Curere, 5(1), 1–8.
Sjaastad, J., & Tømte, C. (2018). Adaptive Learning Systems in Mathematics Classrooms. In Education Research Highlights in Mathematics, Science and Technology (pp. 30–46). ISRES.
Solihah, F., Suparman, Taib, B., Machmud, T., Rahman, M., Hairun, M. S. Y., Aboe, R. M., Ardiani, F., & Artika, S. (2021). E-Learning design based on moodle to develop mathematical communication skills of students. Systematic Reviews in Pharmacy, 12(1), 394–401.
Suharta, I. G. P. (2018). Penelitian Desain (Issue August). Undiksha Press.
Surur, M., Oktavia, S. T., Prodi, D., Ekonomi, P., Prodi, M., & Ekonomi, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11–18.
Article Metrics
Abstract has been read : 673 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.15352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)