Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1509

Keywords:

tingkat kreativitas, disposisi matematis, menyelesaikan soal matematika, level of creativity, mathematic disposition, mathematic problems solving

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberagaman ide siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sehingga kehadiran peneliti sangat penting karena peneliti berperan sebagai instrumen utama. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan metode angket, tes dan wawancara. Instrumen penunjang yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket disposisi matematis, soal tes masalah matematika, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan mengacu terdiri dari tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini reduksi data dilakukan dengan mengelompokkan siswa kedalam tingkat disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah melalui angket disposisi matematis siswa. Selanjutnya data disajikan berupa deskripsi karakteristik tingkat kreativitas siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal matematika. Selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi waktu untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah siswa memiliki tingkat kreativitas 4 dan 3.

 

The research motivated by the student's idea of diversity in mathematic problems solving. This research aims to describe student’s level of creativity that has high mathematic disposition. This research is qualitative research, so the presence of researcher is very important because researcher acted as the main instrument. In this research, the techniques of data collection are questionnaire, test, and interview. While instruments that use in this study are student’s mathematic disposition questionnaire, the test of mathematic problems solving and guidelines for interviews. The analysis data used are data reduction, data displayed, and conclusions. In this research, data reduction was done by grouping students into mathematical disposition rate high, medium, and low using student’s mathematic disposition questionnaire. Then, data are presented in the form of a description of the characteristics of student’s level of creativity that have the high mathematic disposition in mathematic problems solving. Furthermore, it carried out the withdrawal of the conclusion. Researcher uses triangulation to check the validity of the data. The results of this research are the student has creativity level 4 and 3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Leikin, R., & Lev, M. (2012). Mathematical creativity in generally gifted and mathematically excelling adolescents: what makes the difference?. ZDM The International Journal on Mathematics Education. Retrieved from http://ecat.education.gov.il/Attachment/DownloadFile?downloadId=7748

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Diselenggarakan oleh Himpunan Maha-siswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Retrieved from http:// staffnew.uny.ac.id

Munandar, U. (2012). Pengembangan Krea-tivitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

NCTM. (2000). Disposition Toward Mathematics. Retrieved from http:// connected.ase.edu/

Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembel-ajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Mening-katkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Siswono, T. Y. E., & Rosyidi, A. H. (2005). Menilai Kreativitas Siswa dalam Mate-matika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matemati-ka “Peranan Matematika dan terapan-nya dalam meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Indonesia†di jurusan matematika FMIPA Unesa. Surabaya. Retrieved from https://tatagyes.files. wordpress.com

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psiko-logi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pem-belajaran Investigasi. EDUCATIONIST. Retrieved from http://www.file.upi.edu/

Trisnowali, A. (2015). Profil Disposisi Matematis Siswa Pemenang Olimpiade pada Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of EST, 1(3), 47–57. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/

Wardani, S., Sumarmo, U., & Nishitani, I. (2011). Mathematical Creativity and Disposition: Experiment with Grade-10 Students using Silver Inquiry Approach. ç¾¤é¦¬å¤§å­¦æ•™è‚²å­¦éƒ¨ç´€è¦ è‡ªç„¶ç§‘å­¦ç·¨, 59, 1–16. Retrieved from gair.media. gunma-u.ac.jp

Downloads

Published

09/01/2017

Issue

Section

Articles