Pengembangan Instrument Tes Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum Materi Trigonometri Pembelajaran Matematika Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.15075Keywords:
ADDIE, Instrumen Tes Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum, TrigonometriAbstract
Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). penelitian ini menggunaka metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrument tes berbasis asesmen kompetensi minimum (AKM) pada materi trigonometri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dokumen, lembar validasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Shailendra Palembang. Instrumen Tes berbasis AKM yang dikembangkan sebanyak 10 butir soal yang terdiri dari pilihan ganda komplek (PGK), isian, uraian. Hasil validasi ahli pengembangan instrument tes yang memperoleh tingkat kevalidan yaitu pada validitas kontes sebesar 0,867, aspek konstruk sebesar 0,833, aspek bahasa sebesar 0,911, dan rata-rata validitas keseluruhan atau Aiken’s sebesar 0,870 yang dapat dinyatakan valid. Sedangkan validitas secara empiris yang menggunakan rumus 10 soal dinayatakan valid dan hasil realibilitas rumus Cronbach Alpha yaitu 16rhitung 0, 764≥rtabel 0,3291">  yang dikategorikan realibilitas tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa instrument tes berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada materi trigonometri dikelas X SMA Shailendra dinyatakan valid dan reliabel serta layak untuk digunakan.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
09/19/2023
Issue
Section
Articles
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â