Efektivitas Worksheet ELPSA Pada Pembelajaran Relasi Rekurensi

Andhika Ayu Wulandari

Abstract


Relasi rekurensi adalah salah satu materi dalam perkuliahan Matematika Diskrit yang penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Akan tetapi, berdasarkan angket respon mahasiswa pada Tahun Akademik 2015/2016, sebanyak 50,74% mahasiswa belum memahami materi yang diberikan dan 42,65% mahasiswa tidak menyukai metode ceramah yang selama ini digunakan selama perkuliahan. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran dan media yang dapat mendorong mahasiswa untuk disiplin dalam berpikir dengan perhitungan, analisis dan logika yang dimiliki. Worksheet ELPSA adalah suatu lembar kerja berbasis model ELPSA (experience, language, picture, symbol, application) yang diharapkan dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran relasi rekurensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan worksheet ELPSA dalam pembelajaran relasi rekurensi terhadap kemampuan pemahaman mahasiswa. Eksperimen dilakukan pada mahasiswa VI.B Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang dipilih secara random dari 3 kelas yang ada. Worksheet ELPSA yang dikembangkan dan tes pemahaman materi relasi rekurensi dinilai kelayakannya oleh 2 validator sebelum digunakan. Berdasarkan uji prasyarat penelitian, disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogenitas variansi dipenuhi. Dengan uji t pada tingkat signifikansi 5%, diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata nilai tes mahasiswa lebih besar dari 76. Hal ini berarti, penggunaan worksheet ELPSA efektif digunakan dalam pembelajaran relasi rekurensi.

 

Recurrence relations is one of the materials in Discrete Mathematics lectures whose use in everyday life is quite diverse. However, based on questionnaire of student responses in the  academic year 2015/2016, as many as 50,74% of students have not understood the material given and 42,65% of students did not like the method of lectures that have been used in lectures. Therefore, it needs a learning model and media that can encourage students to dicipline in thinking with calculation, analysis, and logic owned. ELPSA worksheet is a worksheet based on the ELPSA model (experience, language, picture, symbol, and application) which is expected to be an alternative in learning recurrence relation. The purpose of this research is to know the effectiveness of ELPSA worksheet use in learning recurrence relation to students comprehension ability. Experiments conducted on IV B students of Mathematics Education Study Program of Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University selected randomly from 3 existing classes. The developed ELPSA worksheet and the comprehension test are judged to be eligible by 2 validators before use. Based on the prerequisite test of the study, it was concluded that the normal distributed data and homogeneity of variance were met. With the t test at 5% significance level, it is conclude that the average test score of students is greater than 76. This meas that the use of the ELPSA worksheet is effectively used in the learning of recurrence relations.


Keywords


worksheet; ELPSA; kemampuan pemahaman mahasiswa;student’s understanding ability

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R., Wahyuni, S., Lesmono, A.D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(4). 350-356.

Arifin. 2015. Lesson Plan Berbasis Kerangka Kerja ELPSA untuk Membangun Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat pada Siswa. Jurnal Kependidikan. 14(1). 11-21.

Budiyono, (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Hansah, F., Yulianti, D., Sugianto. (2013). Pembelajaran Fisika Menggunakan Better Teaching and Learning Berketerampilan Proses Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SMP. Unnes Physec Education Journal. 2(3). 37-42.

Johar, Rahmah & Hajar, Siti. (2016). Implementation of ELPSA Framework in Teaching Integral Using Technology. International Journal of Science and Apllied Technology, 1(1). 15-21.

Khabibah, Siti. (2006). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi Program Pascasarjana UNESA.

Lowrie. T., Patahuddin, S.M., (2015). ELPSA-Kerangka Kerja Merancang Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 94-108.

Lowrie. T., Patahuddin, S.M, (2015). ELPSA as a Lesson Design Framework. Jurnal Indo-MS JME, 6(2), 1-15.

Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Thomson, S., De Bortoli, L., & Buckley, S. (2013). PISA 2012: How Australia measures up. Victoria, Australia: Australian Council for Educational Research.

Usman. Model PBI untuk Mengembangkan Pemahaman Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah tentang Integral Tentu. Jurnal Peluang. 1(2). 1-11.

Wijaya, Adi. (2014). Pengenalan Desain Pembelajaran ELPSA (experiences, language, pictures, symbols, application). Artikel Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Zahro, U.L., Serevina, V., Astra, I.M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika dengan Menggunakan Strategi Realting, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. 2(1). 63-68


Article Metrics

Abstract has been read : 1247 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)