Validasi E-Modul Berbasis Radec Materi KPK Dan FPB Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta
  • Ade Sri Madona Universitas Bung Hatta
  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta
  • Risa Yulisna Universitas Bung Hatta
  • Gustiayu Juita Harun Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.14375

Keywords:

Validasi, E-Modul, Radec, KPK, FPB

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan validitas e-modul matematika berbasis model RADEC pada materi KPK dan FPB kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dibatasi sampai tahap Development. Terdapat tiga ahli yang memvalidasi e-modull yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli desain. hasil validasi E-modul matematika berbasis Model RADEC mencapai kategori valid dengan hasil rata-rata 89,07%. Hal ini menggambarkan bahwa E-modul yang dikembangkan sudah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk hasil uji praktikalitas oleh pendidik mendapatkan nilai rata-rata 92,82%dengan kategori sangat praktis, hal ini menandakan bahwa E-modul yang dikembangkan dapat membantu dan memudahkan pendidik dalam memberikan penjelasan yang benar terhadap materi pembelajaran kepada peserta didik khususnya dengan adanya pengaplikasian langkah-langkah model RADEC di dalamnya, yakni Read-Answer-Discuss-Expalin-Create.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443. Diambil dari https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/960

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. Diambil dari https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1241

Febrina, T., Leonard, L., & Astriani, M. M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 27. Diambil dari https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8141

Feriyanti, N. (2019). Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–12. Diambil dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7406

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Media Pembelajaran Abad 21 : Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar pembelajaran sesuai konteks pembelajaran abad 21 . Teknologi hanya terjadi untuk m encapai tujuan pembelajaran efe. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35.

Harun, G. J., Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Analysis of Conceptual Understanding of Grade V Elementary School Students on Water Material through RADEC Learning. In ICEE-4 “The Direction of Elementary Education in the Future Challenge†(hal. 255–262).

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157.

Huriyatunnisa, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Menunjang Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 3163–3173. Diambil dari https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2548

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication.

Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 103–111. Diambil dari https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1169

Laili, A. M., & Yusmita, E. N. (2018). Pengembangan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Pgsd Pada Matakuliah Pendidikan Sains Sd. Inventa, 2(2), 9–17. Diambil dari https://doi.org/10.36456/inventa.2.2.a1644

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115. Diambil dari https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176

Meisya, S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model-Eliciting Activities untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Diambil dari http://repository.uin-suska.ac.id/12641/8/8. BAB III_2018291PMT.pdf

Novrizaldi. (2021). Pendidikan Berperan Penting dalam Menyongsong Smart Society 5.0. Diambil dari https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan-berperan-penting-dalam-menyongsong-smart-society-50

Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Analisis Aktivitas Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (Melalui Aplikasi Whatsapp) di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas 4 SDN Pakujajar CMB. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 98–105.

Radec Research Group. (2021). Model Pembelajaran Radec: Teori dan Implementasi di Sekolah. Bandung: UPI Press.

Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1).

Wagstaff, J. V. (2020). Benefits of the Habit of Reading. Marriott Student Review, 3(4), 29.

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking And Problem Solving, Creativity And Innovation) Di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/348742516

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Vol. 4 No. 3 Juni 2020. ( Kharisma dan Denok, 2020 ), 4(3), 51–58.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan: Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, 2(2), 1–17.

Downloads

Published

03/03/2023

Issue

Section

Articles