Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyo, A. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. In DIVA Pers: Yogyakarta (p. 2013).
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Gingga, P. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Self-Confidence Peserta Didik Terna 3 di Kelas IV Sekolah Dasar. In (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang). Retrieved from http://repository.unp.ac.id/26903/
Jamil, N., Rosilawati, I., & ... (2018). Efektivitas Discovery Learning Materi Elektrolit-Non Elektrolit dalam Meningkatkan KPS Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Dan …, (1), 1–15. Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11310%0Ahttp://repository.lppm.unila.ac.id/11310/1/Nur ngafifah-ila-noor.pdf
Kurniasih, I. dan B. S. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang sesuai kurikulum 2013. In Bandung: Kata Pena. (p. 2014).
Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Didactical Mathematics, 1(1), 21–33. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i1.1113
Oktavia, Y. (2014). Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. JBMP: Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808–831. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3828
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
Sahrudin, A. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 1–12.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317
Silfi Zainatu Sholihah, E. A. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan MasalahGeometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa, 6(2), 287- 298., 6(1), 724–732. Retrieved from https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Sugiyono. (2017). Sugiyono. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p. 13).
Sund, R dan Trowbridge, L. (2009). Teaching Science by Inquiry in The Secondary School. In Ohio: Bell and Howell Company.
Suyitno. (2004). Dasar-dasar dan proses pembelajaran matematika. In Semarang: FMIPA Unnes (p. 2004).
Article Metrics
Abstract has been read : 341 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)