Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII

Tarinur Yuswar, Ali Asmar, I Made Arnawa

Abstract


Tujuan matematika yang wajib dikuasai pelajar salah satunya ialah pemecahan masalah. Tetapi dalam praktiknya, siswa mengalami kesukaran menyelesaikan masalah matematik. Tujuan penelitian ini meluaskan alat pembelajaran matematika berdasarkan discovery learning yang sahih, mudah dan tepat guna dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Karena itu, kami meluaskan alat pembelajaran tipe discovery learning yang diharapkan dapat menaikkan keterampilan pemecahan masalah matematika pelajar, dan penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerapkan model pengembangan Plomp. 3 fase Plomp yaitu fase penelitian, fase protoype dan fase penilaian. Subjek penelitian ini adalah pelajar kelas VIII SMPN 34 Padang. Pada tahap penelitian  dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis karakteristik pelajar dan analisis konsep. Disaat bentuk dasar dirancang RPP dan LKS berbasis discovery leraning, kemudian dilakukan penilaian formatif untuk mengetahui validitas dan kepraktisan produk. Pada tahap penilaian dilakukan evaluasi dengan uji kepraktisan dan keefektifan yang terbatas. Data kepraktisan diambil dari lembar pelaksanaan RPP, angket kepraktisan guru, angket kepraktisan pelajar. Data keefektifan diperoleh dari hasil belajar pelajar berupa tes akhir untuk melihat seberapa baik pelajar dapat memecahkan masalah matematika. Hasil penelitian ini valid dan praktis. Valid karena memenuhi kriteria valid baik konten maupun desain. Praktis sebab mudah digunakan dan dipahami

Keywords


Learning Media, Problem Solving Ability; Discovery learning.

Full Text:

PDF

References


Cahyo, A. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. In DIVA Pers: Yogyakarta (p. 2013).

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Gingga, P. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Self-Confidence Peserta Didik Terna 3 di Kelas IV Sekolah Dasar. In (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang). Retrieved from http://repository.unp.ac.id/26903/

Jamil, N., Rosilawati, I., & ... (2018). Efektivitas Discovery Learning Materi Elektrolit-Non Elektrolit dalam Meningkatkan KPS Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Dan …, (1), 1–15. Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11310%0Ahttp://repository.lppm.unila.ac.id/11310/1/Nur ngafifah-ila-noor.pdf

Kurniasih, I. dan B. S. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang sesuai kurikulum 2013. In Bandung: Kata Pena. (p. 2014).

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Didactical Mathematics, 1(1), 21–33. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i1.1113

Oktavia, Y. (2014). Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. JBMP: Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808–831. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3828

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421

Sahrudin, A. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 1–12.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Silfi Zainatu Sholihah, E. A. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan MasalahGeometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa, 6(2), 287- 298., 6(1), 724–732. Retrieved from https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Sugiyono. (2017). Sugiyono. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p. 13).

Sund, R dan Trowbridge, L. (2009). Teaching Science by Inquiry in The Secondary School. In Ohio: Bell and Howell Company.

Suyitno. (2004). Dasar-dasar dan proses pembelajaran matematika. In Semarang: FMIPA Unnes (p. 2004).


Article Metrics

Abstract has been read : 318 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)