Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Nur A., Syachruroji, A., dan Nana H. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pembelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 10(1): 68-67.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Amir, M. T.. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta: PT. Fajar interpratama mandiri.
Anggaira, A.S., dkk.. 2021. Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar. Tuluangung: Akademia Pustaka.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azizah, M., dan Tarzan P. 2020. Validitas dan Efektifitas LKS PBL pada Materi Ekosistem untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. BIOEDU (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi). 9(1): 102-108.
Djamarah, Syaiful B., dan Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gumanti, T. A., Yuniar, dan Syahruddin. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media
Insani, Aunillah R. Dan Siti R. Y. 2017. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat. 6(1): 1-14.
Janah, Mely C., dkk. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.12(1):2097-2107.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.59 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Khair, B. N., dkk.. 2021. Pengembangan LKPD literasi sains berbasis Lesso study for learning community (LSLC). J.Pijar MIPA. 16(1) : 136-141.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lismaya, Lilis. 2019. Berpikir Kritis dan PBL. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Majid, A. (2017). Penilaian Autentik : Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasir, M., Jufri, A.W., dan Muhlis. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 5e untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 1(2):12-23.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purnama, Fitri. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Materi Konsep Dasar Geografi di SMA Negeri 1 Lawe Alas T.A. 2019/2020”. Tesis. Fakultas Ilmu Sosial. Pendidikan Geografi.Medan.
Rahman, Taufiqur. 2018. Aplikasi Model-model Pembelajaran. Jakarta: CV. Pilar Nusantara.
Sari, W. P., dan Destri R. M. 2020. Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan PBL untuk Meningkatkan Critical Thinking Materi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi. 11(2): 49-58.
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Gramedia Group
Simatupang, H. dan Purnama, D. 2019. Handbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Widyaningrum, D. A., dan Nurmala H. 2020. Lembar Kerja Siswa Sebagai Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL 5). BioEdUIN (Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi). 10(1): 10-16.
Article Metrics
Abstract has been read : 245 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.14221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)