Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel

Nurul Syafitri, Anna Cesaria, Ratulani Juwita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik sistem pertidaksamaan dua variabel berbasis Problem Based Learning siswa kelas X IIS 2 SMA dan mendeskripsikan kualitas lembar kerja peserta didik yang dikembangkan berdasarkan kevalidan dan kepraktisan lembar kerja peserta didik Prosedur penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang peneliti ambil empat langkah pengembangan antara lain a. analisis, b. perancangan, c. pengembangan, dan d. penerapan. Subjek penelitian ini adalah sembilan orang siswa kelas X IIS 2 dengan kriteria 3 orang tinggi, 3 orang sedang, dan 3 orang rendah untuk penilaian lembar kerja peserta didik Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli, angket respon siswa,serta hasil belajar siswa pada lembar kerja peserta didik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan mengalami revisi berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari validator, guru, dan siswa. Kerja peserta yang dikembangkan dikategori baik, karena karyawan peserta peserta didik kualitas kriteria skor rata-rata yaitu 70 dengan kategori kevalidan “sangat valid”, dan kriteria kepraktisan diperoleh skor yaitu 56,22 dengan kategori kepraktisan “praktis” pada uji coba sembilan siswa .

Keywords


Student Worksheet, Problem Based Learning, ADDIE Model

Full Text:

PDF

References


Aini, Nur A., Syachruroji, A., dan Nana H. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pembelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 10(1): 68-67.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Amir, M. T.. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta: PT. Fajar interpratama mandiri.

Anggaira, A.S., dkk.. 2021. Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar. Tuluangung: Akademia Pustaka.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Azizah, M., dan Tarzan P. 2020. Validitas dan Efektifitas LKS PBL pada Materi Ekosistem untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. BIOEDU (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi). 9(1): 102-108.

Djamarah, Syaiful B., dan Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gumanti, T. A., Yuniar, dan Syahruddin. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media

Insani, Aunillah R. Dan Siti R. Y. 2017. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat. 6(1): 1-14.

Janah, Mely C., dkk. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.12(1):2097-2107.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.59 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Khair, B. N., dkk.. 2021. Pengembangan LKPD literasi sains berbasis Lesso study for learning community (LSLC). J.Pijar MIPA. 16(1) : 136-141.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lismaya, Lilis. 2019. Berpikir Kritis dan PBL. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Majid, A. (2017). Penilaian Autentik : Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasir, M., Jufri, A.W., dan Muhlis. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 5e untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 1(2):12-23.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purnama, Fitri. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Materi Konsep Dasar Geografi di SMA Negeri 1 Lawe Alas T.A. 2019/2020”. Tesis. Fakultas Ilmu Sosial. Pendidikan Geografi.Medan.

Rahman, Taufiqur. 2018. Aplikasi Model-model Pembelajaran. Jakarta: CV. Pilar Nusantara.

Sari, W. P., dan Destri R. M. 2020. Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan PBL untuk Meningkatkan Critical Thinking Materi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi. 11(2): 49-58.

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Gramedia Group

Simatupang, H. dan Purnama, D. 2019. Handbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widyaningrum, D. A., dan Nurmala H. 2020. Lembar Kerja Siswa Sebagai Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL 5). BioEdUIN (Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi). 10(1): 10-16.


Article Metrics

Abstract has been read : 245 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.14221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)