Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.14221Keywords:
Student Worksheet, Problem Based Learning, ADDIE ModelAbstract
Downloads
References
Aini, Nur A., Syachruroji, A., dan Nana H. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pembelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 10(1): 68-67.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Amir, M. T.. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta: PT. Fajar interpratama mandiri.
Anggaira, A.S., dkk.. 2021. Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar. Tuluangung: Akademia Pustaka.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azizah, M., dan Tarzan P. 2020. Validitas dan Efektifitas LKS PBL pada Materi Ekosistem untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. BIOEDU (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi). 9(1): 102-108.
Djamarah, Syaiful B., dan Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gumanti, T. A., Yuniar, dan Syahruddin. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media
Insani, Aunillah R. Dan Siti R. Y. 2017. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat. 6(1): 1-14.
Janah, Mely C., dkk. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.12(1):2097-2107.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.59 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Khair, B. N., dkk.. 2021. Pengembangan LKPD literasi sains berbasis Lesso study for learning community (LSLC). J.Pijar MIPA. 16(1) : 136-141.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lismaya, Lilis. 2019. Berpikir Kritis dan PBL. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Majid, A. (2017). Penilaian Autentik : Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasir, M., Jufri, A.W., dan Muhlis. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 5e untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 1(2):12-23.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purnama, Fitri. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Materi Konsep Dasar Geografi di SMA Negeri 1 Lawe Alas T.A. 2019/2020â€. Tesis. Fakultas Ilmu Sosial. Pendidikan Geografi.Medan.
Rahman, Taufiqur. 2018. Aplikasi Model-model Pembelajaran. Jakarta: CV. Pilar Nusantara.
Sari, W. P., dan Destri R. M. 2020. Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan PBL untuk Meningkatkan Critical Thinking Materi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi. 11(2): 49-58.
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Gramedia Group
Simatupang, H. dan Purnama, D. 2019. Handbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Widyaningrum, D. A., dan Nurmala H. 2020. Lembar Kerja Siswa Sebagai Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL 5). BioEdUIN (Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi). 10(1): 10-16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â