Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi pada Siswa SMP Melalui Metode TBLA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amatari, V. (2015). The Instructional Process: A Review of Flanders’ Interaction Analysis in a Classroom Setting. International Journal of Secondary Education, 3(5), 43. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20150305.11
Basri, H., & As’ari, A. R. (2018). Improving The Critical Thinking Ability of Students to Solve Mathematical Task. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 13. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3013
Cahyono, B. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau dari perbedaan gender. AKSIOMA. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions. University of Illinois, 1–8.
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, Edisi Khus(1), 76–89. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/637/
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221
Kemdikbud, Pub. L. No. NOMOR 21 TAHUN 2016 (2016).
Lahmi, A. (2016). PERANAN SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 121–138.
Mutiani, M., Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440
Nikmah, S. M., Fauziyah, N., & Huda, S. (2021). Critical Thinking Analysis of Students in Problem Based Mathematics Learning through TBLA. Journal of Mathematics Education, 6(2), 102–111.
Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470
Pramuditya, L. C., Supandi, S., & Nugroho, A. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aljabar. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 279–286. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4854
Raudhah, S., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2019). Analisis berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal spltv di sma negeri 3 pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1–8.
Rohmatin, D. N. (2012). PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI TINGKAT IQ. Gamatika, III(1), 1–9.
Rosnawati, R. (2012). BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Seminar Pendidikan Matematika.
Rudi, T. (2019). Berpikir Kritis di Era Informasi Pengantar (Pertama).
Salsabilla, A., Wahyuni, S., Pantiwati, Y., Susetyarini, E., Hindun, I., & Husamah, H. (2022). Basic teaching skills of prospective teacher students based on the TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) communication pattern at SMP Muhammadiyah 02 Batu. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 237. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4870
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117.
Wulandari, F., Fauziyah, N., & Huda, S. (2021). Analysis of Communication in Problem-Based Mathematics Learning through Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). Journal of Mathematics Education, 6(2), 94–101.
Wulandari, W. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 198. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2710
Article Metrics
Abstract has been read : 414 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)