Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Ni Made Shinta Teja Riani, Gede Suweken, Sariyasa Sariyasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengoptimalkan proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM, (b) mendapatkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM yang berkualitas valid, praktis, dan efektif (c) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKS, dan instrumen tes hasil belajar dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menerapkan langkah-langkah pendekatan STEM yaitu setting the stage, exploration, key concept, practice & application excercise yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran masuk dalam kategori sangat valid, praktis dan efektif. Karakteristik yang diperoleh yaitu : (1) RPP disusun secara sistematis, runut, dan runtut, memuat identitas, alokasi waktu, kompetensi inti, kompetensi pembelajaran, indikator, dan tujuan pembelajaran. Langkah pembelajaran mengikuti sintaks pendekatan STEM. Sumber belajar berupa buku siswa dan internet. Penilaian memuat penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. (2) LKS memuat identitas siswa, tujuan pembelajaran, petunjuk dan isi LKS. Kegiatan dalam LKS mencerminkan pendekatan STEM dan komponennya dilengkapi dengan langkah-langkah kerja. (3) Instrumen tes hasil belajar memuat permasalahan kontekstual, disesuaikan dengan indikator, tujuan, dan materi barisan dan deret. Tes yang diberikan berbentuk uraian, terdapat kisi-kisi tes dan rubrik penskoran.

Keywords


perangkat pembelajaran; pendekatan STEM; kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Amalia, W., & Napitupulu, E. (2018). Pengembangan Soal Matematika Pisa-Like pada Konten Change and Relationship untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–8.

Ananta, R., Sitepu, S., Siagian, P., & Rangkuti, Y. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA.

Aprilianti, P. P., & Astuti, D. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Stem Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 653–702.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arivina, A. N., & Jailani, J. (2020). Development of trigonometry learning kit with a STEM approach to improve problem solving skills and learning achievement. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 178–194.

Blum, W., & Niss, M. (1991). Applied mathematical problem solving, modelling, applications, and links to other subjects - State, trends and issues in mathematics instruction. Educational Studies in Mathematics, 22(1), 37–68.

Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD dan MI.

Depdiknas. (2007). Model–model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta:Depdiknas.

Fiteriani, I., Diani, R., Hamidah, A., & Anwar, C. (2021). Project-based learning through STEM approach: Is it effective to improve students’ creative problem-solving ability and metacognitive skills in physics learning? IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1).

Folmer, N. N. & E. (2013). Formative Evaluation in Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206.

Foshay, R., & Kirkley, J. (2003). Principles for Teaching Problem Solving. PLATO Learning, January 1998, 1–16.

Karatas, I., & Baki, A. (2013). The effect of learning environments based on problem solving on students’ achievements of problem solving. International Electronic Journal of Elementary Education, 5(3), 249–267.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud Nomor 59 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. 20, 322–417.

Made, I. D., Yasa, K., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2022). Development of Mathematics Learning Tools Based on STEM-PJBL : Validity and Practicality. 10(4), 839–845.

Morrison, J. (2006). TIES STEM Education Monograph Series: Attributes of STEM Education - The Student, The Academy, The Classroom. Teaching Institute for Essensial Science, 6, 0–6.

Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem-Based Learning di Kelas X. Jurnal Elemen, 3(1), 1.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206.

Polya, G. (1985). (n.d.). How to solve it: a new aspect of mathematical method, Princeton science library.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

Research, H. (2011). K-12 STEM education overview.

Roberts, A. (2012). A Justification for STEM Education. Technology and Engineering Teachere, May/June(June), 1–5. http://botbrain.com/index.

Roberts, A., & Cantu, D. (2012). Applying STEM instructional strategies to design and technology curriculum. Technology Education in the 21st Century. Technology Education in the 21st Century, 73, 111–118.

S. Retnowati, Riyadi, and S. Subanti,. (2020). the Stem Approach : the Development of Rectangular. Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 7(1), 2–15.

Sanders, M. (2009). STEM,STEMEducation,STEMmania. The Technology Teacher, 20, 20–27.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung Alf (p. 143).

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: IMSTEP-JICA.

Sukendra, I. K. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika SMA Berbasis STEM Berorientasi Soal HOTS.Thesis tidak dipublikasikan. Undiksha

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada KTSP. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. (2016). STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, pp. 976–984).

Yildirim, B., & Turk, C. (2018). The effectiveness of argumentation-assisted STEM practices. Cypriot Journal of Educational Sciences, 13(3), 259–274.


Article Metrics

Abstract has been read : 2067 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)