Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah matematika Peserta Didik SMP
Abstract
Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh penggunaan software geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Riset ini berbentuk korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasinya pada riset ini sekitar 321 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 178 siswa. Riset diaplikasikan di kelas VII di 2 SMP yaitu UPT. SMPN 20 Gresik dan SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Instrumen yang dipakai untuk riset ialah tes praktik penggunaan software geogebra, tes tulis kemampuan pemahaman konsep matematika, serta tes tulis kemampuan pemecahan masalah matematika. Tekniknya dalam analisa data yang dipakai ialah Structural Equation Modelling (SEM) bertaraf signifikansinya sekitar 5% sedangkan program yang dipakai dalam penganalisisan datanya ialah AMOS 22. Hasilnya menurut riset ini menggambarkan bahwa (1) adanya pengaruh positif yang siginifikan diantara penggunaan software geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, (2) adanya pengaruh positif yang signifikan diantara penggunaan software geogebra dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) adanya pengaruh positif bersignifikansi diantara kemampuan pemahaman konsep matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, K., Asari, S., Fuziyah, N., Arifani, Y., & Suryanti, S. (2019). Factors Affecting Services for Computer Assisted Learning In a Remote Area: Analysis of Structural Equation Modeling. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8(3), 7040–7047. https://doi.org/10.35940/ijrte.C5304.098319
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. http://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum
Ghozali, I. (2008). Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hendrayana, A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) terhadap Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 186–199. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15385
Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra and Calculus in The Software System GeoGebra. Computer Algebra Systems and Dynamic Geometry Systems in Mathematics Teaching Conference, 1–6.
Iswanti, Mara, M. N., Suryanti, S., & Raharjo, S. (2021). Mathematics Teaching Innovations and The Evaluation during the Pandemic: What Else Can We Do to Help Our Students Learning? Journal of Physics: Conference Series, 1940(012102), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012102
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press. http://www.nap.edu/catalog/9822.html
Maimunah, Suraji, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Menteri Pendidikan Nasional RI. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Mendiknas RI.
Nurfadilah, U., & Suhendar, U. (2018). Pengaruh Penggunaan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Garis dan Sudut. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 99–107.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187.
Polya, G. (1957). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202.
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 01(01), 11–19.
Ramadhani, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Jurnal ilmiah “INTEGRITAS,” 2(1), 67–82.
Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). No TitlePengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal On Education, 01(03), 411–416.
Suryanti, S., Arifani, Y., & Sutaji, D. (2020). Augmented Reality for Integer Learning: Investigating its potential on students’ critical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1613(012041), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012041
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang, 263–278.
Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Research and Development Journal Of Education, 6(1), 18–27.
Article Metrics
Abstract has been read : 1473 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13309
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)