Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Model Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di Kelas VIII SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hernawati, K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa Smp Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika - S1, 5(7). 1-10
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22.
Astuti, Anggraini, L. (2012). Symmetry properties of short period (001) Si/Ge superlattices. Superlattices and Microstructures, 9(1), 31–33.
Baroody, A. J. (2003). Provlem Solving, Reasoning, and Comminication. In K-8. New York: Macmillan Publishing Company. (p. 2003).10-25
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1). 1-14
Fatimah, F. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan KEMAMPUAN, 14(5), 68–74.
Haqiqi, M. I., & Mariani, S. (2017). Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan. Journal of Primary Education, 6(1), 21–26.
Hartono, H., Huda, N. N., & Prihatin, I. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Poject Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 25–32.
Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12.
Latifah, D., & Madio, S. S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 159–168.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25.
Nazir, M. (2006). Metode Penelitian. Cetakan Ketiga. In Jakarta: Ghalia. Indonesia.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. (p. 2000).
Noviyanti, S. (2014). Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 211–218.
Nulinnaja, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Macromedia Flash 8 Di Mi Sulaimaniyah Mojoagung Jombang. Tesis Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015.
Plomp and Nieveen. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Enschede: SLO•Netherlands Institute for Curriculum Developmen (p. 2010).
Pohan, A. B., & Jaelani, N. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang Dengan Metode Inkuiri Untuk Siswa Tingkat Dasar. Khatulistiwa, VI(1) 10-15.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Putu, N., Wulandari, D., & Wiarta, I. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Sifat-Sifat Bangun Ruang Berbasis Guided Discovery Materi Kubus dan Balok. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 21–32.
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1), 13–23.
Rais, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA/MA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2). 15-30
Rasyid, M. A. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77–86.
Rezi Ariawan, H. N. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1, 82–91.
Rosyid, A., & Kuningan, S. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 1–10.
Rusydi, M. I. (2019). Peningkatan Ketertarikan Dan Pengetahuan Siswa/I Dalam Mempelajari Bammelalui Pengembangan Media Ajar Interaktif. Jurnal Hilirisasi, 2(4), 423–434.
Setyawan, I., Budiyono, & Slamet, I. (2017). The comparison of Missouri mathematics project and teams games tournament viewed from emotional quotient eight grade student of junior school. AIP Conference Proceedings, 1868.
Sugiyono. (2016). Sugiyono. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p. 13).
Sulfemi, W. B., & Desmiati, Z. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendas Mahakam, 3(3), 232–245.
Walpole, R. E. (1992). Pengantar Statistika Jakarta: PT Gramedia Pustka Utama. In Jakarta: PT Gramedia Pustka Utama.
Widjayanti, W. R. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 13(1) : 101–112, 13.
Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winarno, S. (2013). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Tekhnik. In Bandung : Tarsito.
Article Metrics
Abstract has been read : 635 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)