Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Kastolan

Reska Dina Putri, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan jenis, penyebab dan solusi dari kesalahan yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras. Metode dan jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Negeri 2 Pangkalan Kerinci tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan subjek dipilih secara acak atas dasar tersedianya kelas untuk dilakukan penelitian. Subjek penelitian terdiri dari 21 orang siswa kelas VIII. Soal yang diberikan terdiri dari enam butir soal materi teorema pythagoras. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dialami siswa saat menyelesaikan teorema pythagoras di sekolah tersebut adalah 1) Kesalahan konseptual 30%. 2) Kesalahan prosedural 44%. 3) Kesalahan teknik 26 %. Penyebab kesulitan siswa yaitu: 1) Pengetahuan yang diperoleh siswa hanya sebagian. 2) Kurang berartinya pembelajaran sehingga pemahaman siswa kurang. 3) Kesalahan prosedural karena guru tidak mengulang kembali materi yang berkaitan dengan penyelesaian soal


Keywords


Student Error’s; Pythagoras Theorem; Kastolan

Full Text:

PDF

References


Amelia, S. (2015). Pengaruh Accelerated Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP [Effect of Accelerated Learning Cycle on Mathematical Problem Solving Ability of Junior High School Students]. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 122–124.

Amini, N. U., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analysis Students’ Critical Thinking Skills in Solving Problems in Terms of Cognitive Style. Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 51–69.

Aulia Sari, R., & Arina Najwa, W. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan Analysis of Student Errors in Completing Spotting of Round Numbers Based on Castolan Theory. JSD : Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 55–59.

Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518.

Damayanti, & Firmansyah, D. (2019). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 37–52.

Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118.

Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 632–642.

Hasan, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 469–477.

Hasanah, F. D. A., Sukoriyanto, S., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Kriteria Ennis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 219–229.

Hasibuan, N. S. R., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(3), 486–494.

Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran. Prisma, 7(1), 1–10.

Himawan, R. F., & Sulaiman, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Menurut Teori Polya Ditinjau Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 1–9.

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104.

Khoerunnisa, D., & Puspita Sari, I. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal teorema phytagoras. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1731–1741.

Meilanawati, P., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Mengerjakan Soal Teori Bilangan Menurut Tahapan Kastolan ditinjau dari Gender. Maju, 7(2), 182–190.

Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. D. M., & Turmudi, T. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (2017–2022). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267–279.

Musyadad, V. F. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGMI dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menurut Teori Kastolan. Jurnal Edumaspul, 5(1), 203–207.

Nurainah, N., Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(1), 61–68.

Pratiwi, R., Wahyu Anita, I., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1637–1646.

Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475–2488.

Ritonga, E. D. S., & Hasibuan, L. R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1449–1460.

Rohmah, A. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras dan Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 433–442.

Saputri, M. A., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP kelas VIII dalam Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 153–159.

Sari, M. R., Sa’dijah, C., & Sukoriyanto, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 156–169.

Soesanto, R. H. (2021). Tinjauan Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linear Berdasarkan Model Tahapan Kastolan. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif dan Mix Method). Depok: Raja Grafindo Persada.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 542–550.

Wulandari, L., & Riajanto, M. L. E. J. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 61–67.

Wulanningtyas, M. E., & Marhaeni, N. H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dan Remedialnya Dalam Mengerjakan Soal Cerita Perbandingan Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 359–367.

Yadrika, G., Amelia, S., & Roza, Y. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soalpada Materi Teorema Pythagoras dan Lingkaran. JPPM, 12(2), 195–212.


Article Metrics

Abstract has been read : 763 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.13266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)