Ethno-Module Kombinatorik dan Kesadaran Metekognitif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achor, E.E, Imoko, B.I, and Uloko, E.S. (2009). Effect Of Ethnomathematics Teaching Approach On Senior Secondary Students Achievement And Retention In Locus. Educational Research and Review. 4(8): 386-390.
Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, 1(1). 25-32
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdaka
Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press
Hariastuti, R. M. (2017). Permainan Tebak-Tebakan Buah Manggis: Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25–35
Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1): 14-23.
Kaselin, S, Waluya, B(2013). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi React Berbasis Etnomatematika. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2(2): 121-127.
Kencanawaty, G, dan Irawan, A. (2017). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Berbasis Budaya. Ekuivalen, 27(2), 169-175
Kurniawati, R dan Leonardi, T. (2013). Hubungan Antara Metakognisi dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang Aktif Berorganisasi di Organisasi Mahasiswa Tingkat Fakultas. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 2, No. 01, April 2013 pp 1-6
Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114.
Rosa, M. & Orey, D. C. (2013). Ethnomodeling as a Research Theoretical Framework on Ethnomathematics and Mathematical Modeling. Journal of Urban Mathematics Education. 6(2), 62–80
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sirate,S.F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 15(1): 41-54.
Supriyani, Mastur, Z., & Sugiman. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 135–141.
Suwito, A., & Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan model pembelajaran matematika SMP kelas VII berbasis kehidupan masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jember. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 79–84.
Wahyuni, A, Wedaring, A.A, dan Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Krakter Bangsa, Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY
Wahyuni, I. (2015). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225–238.
Young, Andria and Fry, Jane D. (2008). Metacognitive awareness and academic achievement in college students. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 8, No. 2, May 2008, pp. 1-10
Yunus. R. (2013). Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 14 (1), 67-79
Article Metrics
Abstract has been read : 1120 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)