Ethno-Module Kombinatorik dan Kesadaran Metekognitif

Erika Laras Astutiningtyas

Abstract


Tujuan peneltian ini adalah untuk mengkomparasikan skor kesadaran metakognitif antara mahasiswa yang memanfaatkan Ethno-module dalam perkuliahan dengan mahasiswa yang menggunakan Regular-module. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan variabel terikatnya adalah skor kesadaran metakognitif dan variabel bebas yang dikendalikan dalam penelitian ini adalah jenis modul. Modul yang digunakan ada dua macam yaitu modul dengan pendekatan etnomatematika yang disebut sebagai Ethno-module dan modul tanpa pendekatan etnomatematika yang selanjutnya disebut sebagai Regular-module. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Teknik sampling yang digunkan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi dari Metacognitive Awareness Inventory (MAI)-test yang dikembangkan oleh Schraw. Uji hipotesis yang dilakukan adalah dengan uji beda rerata t-test. Uji prasyarat analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorof-Semirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene’s. Uji hipotesis dan uji prasyarat dalam penelitian ini dikerjakan dengan aplikasi SPSS. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa mahasiswa yang memanfaatkan Ethno-module memiliki skor kesadaran metakognitif yang lebih tinggi daripada mahasiswa yang menggunakan Regular-module dalam perkuliahan Kombinatorik.

Keywords


Etnomatematika; Kesadaran Ketakognitif; Kombinatorik

Full Text:

PDF

References


Achor, E.E, Imoko, B.I, and Uloko, E.S. (2009). Effect Of Ethnomathematics Teaching Approach On Senior Secondary Students Achievement And Retention In Locus. Educational Research and Review. 4(8): 386-390.

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, 1(1). 25-32

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdaka

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press

Hariastuti, R. M. (2017). Permainan Tebak-Tebakan Buah Manggis: Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25–35

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1): 14-23.

Kaselin, S, Waluya, B(2013). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi React Berbasis Etnomatematika. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2(2): 121-127.

Kencanawaty, G, dan Irawan, A. (2017). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Berbasis Budaya. Ekuivalen, 27(2), 169-175

Kurniawati, R dan Leonardi, T. (2013). Hubungan Antara Metakognisi dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang Aktif Berorganisasi di Organisasi Mahasiswa Tingkat Fakultas. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 2, No. 01, April 2013 pp 1-6

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114.

Rosa, M. & Orey, D. C. (2013). Ethnomodeling as a Research Theoretical Framework on Ethnomathematics and Mathematical Modeling. Journal of Urban Mathematics Education. 6(2), 62–80

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sirate,S.F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 15(1): 41-54.

Supriyani, Mastur, Z., & Sugiman. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 135–141.

Suwito, A., & Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan model pembelajaran matematika SMP kelas VII berbasis kehidupan masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jember. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 79–84.

Wahyuni, A, Wedaring, A.A, dan Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Krakter Bangsa, Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY

Wahyuni, I. (2015). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225–238.

Young, Andria and Fry, Jane D. (2008). Metacognitive awareness and academic achievement in college students. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 8, No. 2, May 2008, pp. 1-10

Yunus. R. (2013). Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 14 (1), 67-79


Article Metrics

Abstract has been read : 1120 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)