Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Berdasarkan Prosedur Newman
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.13106Keywords:
Error Analysis, Newman Procedure, Story Problems, SPLTV, onlineAbstract
Downloads
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yinansah, H. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Afriyanti, L. W., Roza, Y., & Maimunah. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa SMA Pekanbaru pada Materi SPLTV. Jurnal Matematika Statistika & Komputasi, 16(2), 226-240.
Agustin, D. D., Marlina, E., Sara, H., & Haerul, J. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Fong’s Schematic Model for Error Analysis pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 6(1), 23-36. Dari: https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/2504/1792.
Agustiani, N. 2021. Analyzing Students’ Errors in Solving Sequence and Series Application Problems Using Newman Procedure. International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME). Vol. 5, No. 1, March 2021, pp. 23-32.
Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelas X-Mia di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika II, Prodi Pendidikan Matematika Unswageti, Cirebon, 10 Maret.
Dewi, S.P. & Kartini, K. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632-642. Dari: https://doi.org/10.31004/ cendekia. v5i1.508.
Dewi, T.A.P., & Sadjiarto, A. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909-1917. Dari: https://jbasic.org/ index.php/basicedu/
article /view/1094/622.
Hakim, M.F.A, 2021. Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities. 1(1), 2021, hal 23-32.
Ilyas, M., Ma’rufi, & Nisraeni. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Imansyah, M.N. 2021. Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Siswa SMP). Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP). Vol 1, Nomor 1, Agustus, 2021, (Hal. 35-40).
Irhama, I.S, Priyanto, W, & Saputro, B.A. 2021. Analisis Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Kelas 5 SDN Dresi Wetan Kecamatan Kaliori Rembang. DIMENSI PENDIDIKAN, Vol. 17 No. 3 | November.
Karnasih, I. 2015. Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis. JurnalPARADIKMA, 8(1), 37-51. Dari: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ paradikma/ article/view/3352
Kuswanti, Y., Sudirman, & Nusantara, T. 2018. Deskripsi Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 863- 872. Dari:
http://journal.um.ac.id/ index.php/jptpp/article/view/11286.
Lelboy, N.E., Nahak, S., & Simarmata, J. E. 2021. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Journal of Mathematics Education and Science, 7(1), 10-20. Dari: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/ mesuisu/article/view/4347.
Mahmudah, S.R. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Jurnal Al – Mau’izhoh. Vol.2, No. 2, November.
Mali, M.Y.K., Amsikan, S., & Nahak, S. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial. MATH- EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(2), 65-72. Dari: https://jurnal.unimor.ac.id/ JIPM/article/view/1409.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.
Mulyani, S. & Haerudin. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10. Dari: https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3524.
Patra, G.P.A. & Pujiastuti, H. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 174-181. Dari: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/517/458.
Prakitipong, N. & Nakamura, S. 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education,. Vol.9, No.1, (2006) pp.111.
Rohmadani. 2020. Dampak Covid 19 Terhadap Cara Berpikir dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Yogyakarta. Edification. Vol. 3, No. 01. Juli 2020.
Rohmah, S.I., Widadah, S., & Agustina, E.N.S. 2021. Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 21-30. Dari: https://scholar.google.co.id/citations?view_op= view_citation&hl=id&u ser=UW627S4AAAAJ&citation_for_view=UW627S4AAAAJ:hMod- 77fHWUC.
Salim & Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Savitri, D.A. & Yuliani, A. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri Ditinjau dari Gender Berdasarkan Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 463-474. Dari: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/ view/4079.
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. 2010. The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. Procedia Social and Behavioral Sciences, 8(), 264-271. Dari: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036.
Subanji. 2016. Teori Defragmentasi Struktur Berpikir dalam Mengonstruksi Konsep Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Negeri Malang (UM PRESS): Malang.
Sughesti, M.M., Muhsetyo, G., & Susanto, H. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan dan Penyebabnya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2), 1-11. Dari: http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/16715.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.
Sumule, U, Amin, S.M., & Fuad, Y. 2018. Error Analysis of Indonesian Junior High School Student in Solving Space and Shape Content PISA Problem Using Newman Procedure. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 947 (2018) 012053.
Sunardiningsih, G.W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Terapan Saintek & Teknologi, 1(2), 41-45. Dari: https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447.
Suyitno, A & Suyitno, H. 2015. Learning Therapy For Students In Mathematics Communication Correctly Based-On Application Of Newman Procedure (A Case Of Indonesian Student). International Journal of Education and Research. Vol. 3 No. 1 January 2015.
Utami, L.A.J. & Zulkarnaen, R. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 1(1a), 448-458. Dari: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2755.
White, L.A. 2010. Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Leslie Science and White Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129-148. Dari: https:// researchdirect. westernsydney.edu.au/islandora/object/uws:26023.
White, L.A. 2018. Australian Mathematics Literacy Perspective: Assesment. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 8(1), 69-81. Dari: https://journal.qitepinmath.org/ index.php/seamej/article/view/65/0.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â